Thailand Masters 2017

Tundukkan Unggulan Kedua Asal China, Anthony Melangkah ke Perempatfinal

Jumat, 10 Februari 2017 00:49 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© PBSI
Anthony Sinisuka Ginting menjadi salah satu wakil Indonesia di perempatfinal Thailand Masters 2017. Copyright: © PBSI
Anthony Sinisuka Ginting menjadi salah satu wakil Indonesia di perempatfinal Thailand Masters 2017.

Anthony Sinisuka Ginting membuat kejutan dengan menumbangkan unggulan kedua di Thailand Masters 2017, Huang Yuxiang asal China. Setelah bertarung dalam tiga set dengan skor akhir 19-21, 21-15, dan 21-12, Anthony berhak atas tiket babak perempatfinal.

Anthony sebetulnya berpeluang untuk menang straight game, sebab kedudukan sempat imbang 17-17 dan 19-19 di set pertama. Namun, kesalahan sendiri yang dilakukannya, membuat Anthony membuang peluang untuk amankan set pertama.

“Dia lebih banyak inisiatif di game pertama, saya kepancing dan banyak mengangkat bola. Permainan saya pun monoton, jadi sering kebaca sama lawan. Saat poin mepet, saya malah bikin kesalahan sendiri,” kata Anthony seperti dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.


Meski melawan unggulan kedua, Anthony berhasil menang tiga set.

Pada set kedua, Anthony belajar dari kesalahannya di set sebelumnya. Ia bermain lebih cerdik dengan memaksa lawan memberi kesempatan agar Anthony bisa menyerang.

Unggul di permainan netting, membuat Anthony mampu membuat Huang mengangkat bola, inilah yang selalu ditunggu-tunggu Anthony, kesempatan ini langsung dimanfaatkannya dengan baik.

“Saya lalu berpikir, pokoknya game selanjutnya jangan mati-mati sendiri. Saya juga bermain lebih yakin, pegang netting-nya, jadi otomatis lawan angkat bola terus,” tambah Anthony, pemain jebolan klub SGS PLN Bandung.

Kemenangan di set kedua tampaknya membuat Anthony makin percaya diri di game penentuan. Anthony tak memberi kesempatan untuk Yuxiang mengembangkan permainan. Unggul jauh 14-7, Anthony terus menekan Yuxiang hingga lawannya itu tak berkutik dan menyerah dan hanya berhasil mengumpulkan 12 angka saja.

“Pelatih juga banyak memberi instruksi untuk cari peluang menyerang sebanyak mungkin, ini yang saya jalankan di lapangan tadi,” ucap pria berdarah Batak tersebut.


Tommy dan Anthony menjadi wakil tunggal putra yang tersisa di Thailand Masters.

Sayangnya, jejak Anthony yang berhasil melaju ke babak perempat final tidak mampu diikuti oleh tiga rekan lainnya. Tiga tunggal putra pelatnas hari ini terhenti di babak 16 besar.

Firman Abdul Kholik dikalahkan wakil tuan rumah, Kantaphon Wangcharoen, 23-25 dan 12-21. Ihsan Maulana Mustofa harus mengakui keunggulan pemain Malaysia, Lee Zii Jia, 19-21 dan 14-21. Sementara Muhammad Bayu Pangisthu ditundukkan seniornya, Tommy Sugiarto, 12-21 dan 14-21.

337