All England 2017

Ditikung Tuan Rumah, Tontowi /Liliyana Gagal ke Semifinal

Sabtu, 11 Maret 2017 02:38 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (All England Open 2017). Copyright: © Humas PBSI
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (All England Open 2017).

Harapan Indonesia untuk mempertahankan gelar dari sektor ganda campuran pupus saat wakil satu-satunya di perempatfinal kalah dari pasangan tuan rumah. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tersingkir di babak perempatfinal All England 2017 setelah ditaklukkan Chris Adcock/Gabrielle Adcock dalam tempo 65 menit.

Tontowi/Liliyana tampil meyakinkan dengan menguasai jalannya pertandingan sejak set pertama. Pasangan Indonesia ini langsung memimpin 4-0 di awal set. Set pertama berakhir 21-16 saat jumping smash keras dari Tontowi tak mampu dikembalikan oleh Chris.

Di set kedua, pasangan Inggris mulai bangkit dan memberikan celah pada pasangan Indonesia. Pasangan Adcock yang mulai memahami gaya bermain Tontowi/Liliyana, unggul 7-0. Indonesia baru pecah telur berkat smash kencang Tontowi. Saat jeda minum pun, pasangan Inggris masih memimpin 11-4.

Namun akhirnya pasangan Indonesia berhasil menyamakan kedudukan di poin 16-16. Perolehan kedua pasangan pun saling mengejar hingga 19 sama. Sayang perolehan Tontowi/Liliyana ditahan di poin 19 dan pertandingan harus berlanjut dengan rubber set.

Di babak penentuan, pasangan peraih medali emas Olimpiade 2016 memimpin 3-0 terlebih dahulu. Namun pasangan Adcock mampu menyamakan kedudukan di poin 3-3 dan bahkan berbalik unggul 9-5. Tontowi sempat terjatuh di awal game dan sejak itu pergerakannya tak selincah sebelumnya. Pasangan Inggris lantas tampil menekan dan jauh meninggalkan Tontowi/Liliyana hingga 16-9. Pasangan Indonesia yang tampil sebagai unggulan kedua pun tak mampu keluar dari tekanan dan menyerah dengan skor 21-16, 19-21, dan 12-21.