Federer: Mustahil Saya Bisa Jadi Nomor Satu Dunia Lagi

Sabtu, 11 Maret 2017 18:32 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© dubaidutyfreetennischampionships
Mantan petenis nomor satu dunia, Roger Federer. Copyright: © dubaidutyfreetennischampionships
Mantan petenis nomor satu dunia, Roger Federer.

Sebagai seorang petenis, Roger Federer pernah merasakan kebanggaan kerena pernah beberapa kali menempati peringkat satu dunia.

Namun, saat ini di usianya yang semakin tua ditambah banyaknya cedera yang ia alami, peringkat Federer semakin menurun dan kini tercatat ia harus puas berada di peringkat 10 dunia.

Meski begitu banyak pihak yang menyebut petenis asal Swiss itu masih bisa ke posisi peringkat satu dunia, apalagi pada Januari 2017 lalu, ia sukses memenangkan salah satu tunamen Grand Slam, Australia Open 2017.

Federer saat ini berada di peringkat enam dunia.

Akan tetapi, hal bertentangan justru keluar dari mulut Federer sendiri. Menurutnya, gelar petenis nomor satu dunia sudah hampir tidak mungkin lagi ia raih.

"Hanya karena saya berhasil meraih gelar juara di Australia, bukan berarti semua hal langsung berubah. Tentu saja semua petenis memiliki harapan untuk bisa menjadi nomor satu dunia. Tapi saat ini gelar tersebut dipegang oleh Anddy Muray dan ia memang layak mendapatkannya," ujar Federer seperti dikutip International Business Times.

Pria kelahiran 8 Agustus 1981 itu mengatakan masalah stamina yang ia miliki saat ini membuatnya tidak bisa lagi tampil di banyak turnamen, seperti yang dilakukan Murray dan Novak Djokovic.

"Sendainya saya memang ingin kembali meraih gelar itu, saya tentu harus bermain dan meraih kemenangan di turnamen-turnamen besar seperti yang dilakukan Murray dan petenis lainnnya, dan untuk saat ini itu adalah resiko yang sangat besar bagi saya," jelas Federer.

Minimnya pertandingan yang ia ikuti menjadi alasan Federer sulit kembali ke peringkat satu dunia.

Meski begitu, Federer mengaku belum mengubur sepenuhnya harapan menjadi nomor satu dunia. Hanya saja, ia masih ingin bermain dengan santai dan mungkin perlahan-lahan memperbaiki peringkatnya.

"Jujur saat ini saya masih menikmati euforia kemenangan di Australia. Tapi, bila memang memungkinkan, saya ingin mengejar hal tersebut. Target saya menuju ke sana masih sangat jauh, dan sangat menggelikkan untuk membicarakan hal itu saat ini," pungkasnya.

Federer sendiri saat ini tengah bersiap tampil di ajang Indian Wells 2017. Di babak pertama ia akan berhadapan dengan petenis asal Prancis, Stephane Robert.