Juara All England, Kevin/Marcus Merangsek ke Ranking 1 Dunia

Kamis, 16 Maret 2017 15:32 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sukses merangsek ke ranking 1 dunia. Copyright: © Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sukses merangsek ke ranking 1 dunia.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sukses menjadi ganda putra terbaik dunia saat ini usai meraih gelar All England dengan menundukkan pasangan China, Li Junhui/Liu Yuchen, di babak final, Minggu (12/03/17). Kevin/Marcus yang sebelumnya berada di posisi lima dunia, langsung naik ke posisi teratas peringkat BWF.

All England sebagai turnamen bulutangkis kelas premier menghadiahkan poin besar untuk para juara, yakni 9.200 poin untuk para pemenang. Poin inilah yang membuat Kevin/Marcus langsung meluncur ke peringkat 1. Mereka berdua mengumpulkan 73.051 poin, berbanding tipis di atas perolehan peringkat kedua asal Malaysia, yakni Tan Wee Kiong/ Goh V Shem.

Sementara wakil Indonesia lainnya, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi, duduk di peringkat 8. Pasangan yang mengoleksi 60.992 poin ini tidak mengalami perubahan posisi. Sementara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto turun 1 peringkat ke posisi 22.

Peringkat 10 besar dunia sektor ganda putra:

Sama seperti ganda putra, Indonesia juga punya 2 wakil di 10 besar sektor ganda campuran. Pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir masih di posisi tiga dunia. Tak ada perubahan di peringkat tiga besar dunia. Pasangan muda China, Zheng Siwei/Chen Qingchen masih di peringkat pertama. Namun Praveen Jordan/Debby Susanto harus rela turun dua peringkat ke posisi 8 dunia.

Peringkat 10 besar dunia sektor ganda campuran:

Di sektor ganda putri, hanya pasangan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari yang masuk di posisi 10 besar. Pasangan yang kini dipecah karena Nitya cedera ini turun 1 peringkat ke posisi 8. Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari masih menempati peringkat 14.

Peringkat 10 besar dunia sektor ganda putri:

Di sektor tunggal, pemain Indonesia belum ada yang bisa menembus 10 besar. Paling tinggi, Tommy Sugiarto berada di peringkat 16. Sementara di sektor tunggal putri, bahkan tak ada pemain Tanah Air yang menempati 25 besar. Pemain dengan peringkat paling baik adalah Fitriani di posisi 30 dunia.

Peringkat 10 besar dunia sektor tunggal putra:

Peringkat 10 besar dunia sektor tunggal putri: