Raih Peringkat Satu Dunia, Kevin/Marcus Enggan Jemawa

Sabtu, 18 Maret 2017 06:03 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Humas PBSI
Ekspresi kegembiraan Kevin/Marcus saat berhasil merebut gelar juara All England 2017. Copyright: © Humas PBSI
Ekspresi kegembiraan Kevin/Marcus saat berhasil merebut gelar juara All England 2017.

Pasca menjuarai All England 2017, kabar gembira kembali mendatangi pasangan ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Bagaimana tidak, berdasarkan update terbaru BWF sebagai induk organisasi tertinggi dunia, Kevin/Marcus saat ini tercatat menduduki peringat satu dunia dengan koleksi 73.051 poin.

Prestasi keduanyamerupakan catatan positif bagi bulutangkis Indonesia, khususnya sektor ganda putra. Tentunya ini dapat membangkitkan semangat para pebulutangkis Tanah Air, apalagi Indonesia pernah merajai sektor ganda putra dunia di era 90-an.

Kevin/Marcus saat menjuarai All England 2017.

Gelar rangking satu dunia sendiri terakhir kali dimiliki ganda putra Indonesia pada tahun 2014 silam. Kala itu posisi tersebut ditempati pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan lewat rentetan prestasi gemilangnya.

Ditanya mengenai gelar baru yang disandangnya tersebut, Kevin/Marcus mengaku merasa sangat bahagia. Hanya saja keduanya tidak mau besar kepala karena peringkat tersebut akan selalu mengalami perubahan.

“Senang ya bisa berada di rangking satu dunia. Tetapi ini tidak berpengaruh besar karena kalau ikut banyak turnamen, rangking pasti mengikuti,” kata Kevin seperti dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

“Kami mau fokus saja dulu ke turnamen India Open Super Series 2017. Tahun lalu kami juara di sana, jadi kami berharap bisa mempertahankan rangking satu dunia ini,” sambung Kevin.

Hal senada juga disampaikan Marcus. Menurut pria kelahiran 9 Maret 1991 itu, mengaku kini memiliki tantangan berat ke depannya karena harus berusaha keras mempertahankan peringat nomor satu dunia tersebut.

Kevin/Marcus berharap dapat mempertahankan peringkat satu dunia yang baru mereka dapatkan.

“Seneng lah sekarang bisa jadi nomor satu dunia, tetapi kami jangan cepat puas. Kami mau mempertahankan rangkingnya, buat apa kalau cuma sebentar rangking satunya. Selanjutnya masih banyak turnamen yang harus kami ikuti, semoga kami bisa konsisten,” tambah Marcus.

Prestasi Kevin/Marcus ini juga mendapat pujian dari sang pelatih yang terus mendampingi keduanya, yakni Herry Iman Pierngadi.

“Tentunya senang, karena regenerasi di ganda putra berjalan sesuai yang diharapkan. Target utama Kevin/Marcus selanjutnya adalah Kejuaraan Dunia 2017. Rangking itu mengikuti hasil pertandingan, diusahakan bisa tetap di empat besar supaya dapat undian yang bagus di turnamen,” ucap Herry.