Piala Sudirman 2017

Satu Grup dengan Denmark dan India, PBSI Ungkap Peluang Indonesia di Piala Sudirman

Sabtu, 18 Maret 2017 00:52 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ramadhan/INDOSPORT
Susy Susanti saat diwawancarai di Pelatnas PBSI. Copyright: © Ramadhan/INDOSPORT
Susy Susanti saat diwawancarai di Pelatnas PBSI.

Bertempat di Kuala Lumpur, Malaysia pada Jumat (17/03/17) dilakukan undian untuk menentukan pembagian grup dalam salah satu ajang bulutangkis bergengsi di dunia, yakni Piala Sudirman 2017.

Dari hasil undian tersebut, Indonesia sebagai salah satu kiblat bulutangkis dunia tergabung dengan grup 1D bersama Denmark dan India.

Terkait hal tersebut, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti membeberkan tanggapannya soal peluang wakil Indonesia yang akan bertanding.

Dalam ajang Piala Sudirman 2017, Indonesia masuk dalam grup 1D bersama India dan Denmark.

Menurut wanita yang pernah mempersempahkan medali emas Olimpiade 1992 itu, meski bukan tergabung dengan negara seperti Malaysia atau China, bukan berarti peluang Indonesia untuk lolos ke delapan besar menjadi besar.

“Saya melihat kekuatan negara peserta cukup berimbang ya, untuk di grup tentu kita harus lolos dulu supaya bisa ke babak delapan besar. Kans tetap terbuka baik lawan Denmark atau India, peluangnya 50-50,” ujarnya seperti dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

Istri Alan Budikusuma tersebut pun mengaku sudah mempersiapkan strategi demi bisa lolos dari fase penyisihan grup. Di antaranya menyiapkan nomor-nomor yang dianggap memiliki peluang tinggi untuk menang.

Susy Susanti menyebut peluang Indonesia lolos penyisihan grup mencapai 50%.

“Lawan India, kami akan coba curi poin di ganda campuran, ganda putra dan ganda putri serta tunggal putra. Sedangkan saat melawan Denmark, nomor-nomor andalan adalah ganda putra, ganda campuran, ganda putri serta tunggal putri,” papar Susy.

Selain membahas peluang, Susy juga mengungkapkan target yang dipatok oleh PBSI terhadap wakil Indonesia di ajang Piala Sudirman 2017.

“Tetapi kami tetap optimis dan positif thinking saja untuk hasil maksimal dan berusaha siapa tahu bisa juara. Tim butuh semangat yang lebih, kerja keras, serta dukungan dan doa dari semua pihak,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Ajang bergengsi Piala Sudirman 2017 akan dihelat di Gold Coast, Australia, pada 21-28 Mei 2017 mendatang.