India Open Super Series 2017

India Open, Ajang Sindhu dan Saina Berebut Dominasi

Selasa, 28 Maret 2017 10:04 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© INDOSPORT/Getty Images
PV Sindhu dan Saina Nehwal. Copyright: © INDOSPORT/Getty Images
PV Sindhu dan Saina Nehwal.

Dua bintang bulutangkis India, Pusarla Venkata Sindhu dan Saina Nehwal sama-sama berhasrat menjadi juara di rumah sendiri melalui turnamen India Terbuka 2017.

Saat ini, sinar Sindhu harus diakui lebih cemerlang ketimbang Saina. Sindhu saat ini menempati peringkat 5 dunia, sementara Saina berada di ranking 8 dunia. 

Namun Sindhu punya motivasi besar untuk meraih gelar di ajang ini. Siri Fort Sports Complex yang menjadi tempat penyelenggaraan turnamen berhadiah 325 ribu dollar AS (sekitar Rp4,33 miliar) ini menjadi saksi bisu kehebatan Saina.

Pada 2010, pemain 27 tahun itu meraih gelar juara Commonwealth Games. Sementara pada turnamen India Open 2015, Saina tampil sebagai kampiun yang membuatnya menempati ranking 1 dunia.

image article indosportSaina Nehwal.

"Di sini, segalanya sangat spesial untuk saya. Saya akan memberikan yang terbaik sambil berharap berbuah hasil yang terbaik pula," kata Saina. 

Kemenangan di ajang India Open 2017 akan menjadi momen comeback bagi Saina yang prestasinya merosot akibat cedera yang ia alami tahun lalu. Ia mengaku cedera tersebut membuat rasa percaya dirinya tergerus.  Namun dari dua turnamen yang telah ia ikuti tahun ini, Saina keadaannya sudah jauh lebih baik.

Ia berhasil meraih gelar di ajang Malaysia Masters 2017 pertengahan Januari lalu. Hanya saja, ia kalah di ajang All England 2017. 

image article indosportPV.Sindhu.

Sementara bagi Sindhu, kemenangan di India Open 2017 ini penting untuk mempertahankan statusnya sebagai ikon terbesar bulutangkis India saat ini. Nama Sindhu berada di atas angin setelah memperbaiki prestasi Saina, yang meraih perunggu pada Olimpiade 2012, dengan menyabet medali perak di Olimpiade 2016.

"Persaingan akan sangat ketat, tapi saya akan mengerahkan semua kemampuan terbaik saya," kata Sindhu.

Sepanjang karier, kedua atlet putri India ini baru satu kali berseteru di lapangan, yaitu di ajang Syed Modi International Badminton Championships atau India Grand Prix Gold 2014, yang dimenangkan Saina dalam dua set langsung.

Jika berjalan lancar, keduanya akan saling berhadapan di perempatfinal India Open yang akan berlangsung pada Jumat (31/03/17) waktu setempat.