SEA Games 2017

Kejutan, Malaysia Sertakan Chong Wei ke SEA Games 2017

Sabtu, 1 April 2017 10:02 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Pada Agustus 2017 mendatang, seluruh negara yang tergabung menjadi Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) akan bertemu dalam sebuah pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2017 yang berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sebagai tuan rumah, Malaysia jelas memiliki target besar untuk bisa meraih gelar juara umum. Untuk itu, berbagai persiapan pun sudah mereka lakukan, di antaranya dengan menyiapkan sejumlah atlet berbagai cabor untuk mewakili mereka.

Salah satu hal yang paling menarik perhatian dari nama-nama atlet yang berpeluang menjadi kontingen Malaysia di ajang dua tahunan tersebut muncul dari cabang olahraga bulutangkis. Pasalnya, tunggal putra terbaik mereka, Lee Chong Wei masuk dalam kandidat.

image article indosportChong Wei masuk dalam kandidat kontingen Malaysia dalam SEA Games 2017.

Hal itu dikonfirmasi langsung oleh Deputi Presiden Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM), Dato' Sri Mohamad Norza Zakaria. Dalam keterangannya, Zakaria mengatakan bahwa Chong Wei memang masuk dalam daftar pebulutangkis potensial yang memperkuat kontingen bulutangkis Malaysia.

"Pada tahap awal, kami memang harus menyebut seluruh pemain yang kami anggap berpotensial, termasuk Chong Wei. Tapi, keputusan akhirnya baru akan diambil BAM pada pertengahan Juni, sebelum kemudian dilaporkan 20 pemain resmi pada 1 Juli 2017," tutur Zakaria seperti dikutip dari Utusan.

"Chong Wei bukan satu-satunya pemain yang masuk dalam daftar. Masih ada nama lain seperti Chong Wei Feng, Zulfadli, dan Iskandar Zakaria yang ada dalam daftar kandidat. Sehingga, ini bisa menjadi bukti bahwa mereka kami anggap sebagai atlet berpotensi," tambah Zulkarnaen menjelaskan.

image article indosportMeski masuk dalam calon kandidat, bukan berarti Chong Wei pada akhirnya wajib membela Malaysia di SEA Games 2017.

Masuknya Chong Wei sebagai kandidat kontingen Malaysia di SEA Games 2017 ini memang sempat membuah kehebohan. Pasalnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin memberi izin pada Chong Wei untuk mengikuti Kejuaraan Dunia di Glasgow, yang kebetulan tanggal berlangsungnya berbarengan dengan SEA Games 2017.