Piala Sudirman 2017

Tak Ada Dana, Inggris Mundur dari Piala Sudirman

Rabu, 5 April 2017 03:29 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Tim Inggris memutuskan untuk mundur dari turnamen bulutangkis beregu campuran paling prestisius, yakni Piala Sudirman. Langkah ini diambil menyusul keputusan pemerintah Inggris pada Februari lalu yang menghentikan pendanaan tujuh olahraga olimpiade, termasuk bulutangkis.

"Sangat mengecewakan kami harus menarik diri dari Piala Sudirman. Kami berupaya melewati situasi keuangan yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai konsekuensi kebijakan pendanaan baru-baru ini," kata perwakilan dari tim bulutangkis Inggris, Jon Austin, seperti dikutip BBC.

"Kami harus mempertimbangkan investasi yang kami lakukan dengan hati-hati. Beban yang kami hadapi saat ini, baik secara sumber daya manusia dan kebutuhan finansial, berarti kami tidak dalam posisi untuk mengikuti Piala Sudirman tahun ini," imbuhnya.

image article indosportMarcus Ellis/Chris Langridge meraih perunggu pada Olimpiade Rio 2016 lalu.

Inggris sejatinya bergabung di Grup 1C bersama Jepang dan Malaysia. Namun karena tak lagi berpartisipasi, posisinya akan digantikan Jerman. Turnamen ini sendiri akan berlangsung di Gold Coast, Australia pada 21-28 Mei mendatang.

Badan Olahraga Inggris secara kontroversial menghentikan pendanaan untuk tujuh cabang olahraga olimpiade, di antaranya panahan, anggar, angkat besi, dan termasuk bulutangkis. Padahal, ganda putra Marcus Ellis dan Chris Langridge membuat kejutan dengan meraih perunggu di Olimpiade Rio 2016 lalu.