Malaysia Open Super Series Premier 2017

Kevin/Marcus Hattrick, Inilah Para Juara Malaysia Open 2017

Minggu, 9 April 2017 18:57 WIB
Editor: Ramadhan
© MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) pose bersama Fu Haifeng dan Zheng Siwei sebagai juara runner up. Copyright: © MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) pose bersama Fu Haifeng dan Zheng Siwei sebagai juara runner up.

Setelah beberapa andalan Indonesia seperti Jonatan Christie, Praveen Jordan/Debby Susanto, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tersingkir di Malaysia Open Super Series Premier 2017, ganda putra Merah Putih, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon kembali menggemparkan bulutangkis dunia.

Pasangan yang dijuluki Duo Minions itu baru saja berhasil menyabet gelar juara di nomor ganda putra. Setelah berjuang keras, Kevin/Marcus akhirnya sukses melibas wakil China, Fu Haifeng/Zheng Siwei lewat pertarungan ketat rubber set dengan skor 14-21, 21-14, dan 21-12.

Hasil itu sekaligus membuat Kevin/Marcus berhasil mengukir hattrick juara beruntun di pentas Super Series dalam waktu kurang lebih satu bulan saja di tahun 2017 ini. Sebelumnya, Kevin/Marcus sukses juara di All England dan India Open Super Series 2017.

Lalu, di sektor lainnya seperti tunggal putra, andalan tuan rumah, Lee Chong Wei gagal mempersembahkan gelar juara di depan pendukung sendiri. Datok Chong Wei harus menyerah dari rival abadinya, Lin Dan dua set langsung dengan skor 21-19 dan 21-14.

© BADMINTON INDONESIA‏
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) juara ganda putra Malaysia Super Series Premier 2017 Haifeng/Siwei sebagai runner up. Copyright: BADMINTON INDONESIA‏Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya (kanan) juara ganda putra Malaysia Super Series Premier 2017.

Kemudian di sektor tunggal putri ada nama pebulutangkis muda Taiwan, Tai Tzu-ying yang berhasil meraih gelar juara. Tzu-ying secara mengejutkan berhasil mengalahkan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Carolina Marin lewat laga ketat dengan skor 23-25, 22-20, dan 21-13.

Sementara di sektor tunggal putri, ada pasangan asal Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota yang tampil sebagai juara. Keduanya mengalahkan pasangan China, Huang Yaqiong/Tang Jinhua dengan skor 21-17, 18-21, dan 21-12.

Untuk sektor ganda campuran, terjadi All China Final antara pasangan Zheng Siwei/Chen Qingchen melawan Lu Kai/Huang Yaqiong. Laga tersebut berhasil dimenangkan pasangan Zheng Siwei/Chen Qingchen dengan kemenangan 21-15 dan 21-18.

Berikut Daftar Peraih Gelar Juara Malaysia Open Super Series Premier 2017:
Tunggal Putra: Lin Dan (China)
Tunggal Putri: Tai Tzu-ying (Taiwan)
Ganda Putra: Kevin Sanjaya/Marcus Gideon (Indonesia)
Ganda Putri: Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (Jepang)
Ganda Campuran: Zheng Siwei/Chen Qingchen (China)