9 Pemain Berebut Posisi Greysia Polii di Komisi Atlet BWF

Selasa, 11 April 2017 17:30 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Greysia Polii (kiri) akan melepas jabatan sebagai anggota Komisi Atlet BWF. Copyright: © Humas PBSI
Greysia Polii (kiri) akan melepas jabatan sebagai anggota Komisi Atlet BWF.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) akan menyelenggarakan pemilihan untuk mengisi posisi anggota di Komisi Atlet. Jabatan selama empat tahun yang diemban tiga anggotanya akan berakhir pada Mei 2017. Ketiga atlet ini adalah Greysia Polii dari Indonesia, Yuhan Tan dari Belgia, dan Hans-Kristian Solberg Vittinghus dari Denmark yang sudah menjabat sejak 2013.

Sementara satu posisi tambahan juga akan diisi nama baru karena Tang Yuanting mengundurkan diri dan meninggalkan dua tahun masa jabatan yang tersisa. Empat nama baru ini nantinya akan bergabung dengan dua anggota lain yaitu Koen Ridder dari Belanda dan Shintaro Ikeda dari Jepang. 

Komisi Atlet ini sendiri bertugas untuk menjadi jembatan antara para atlet dan BWF dengan menyampaikan serta mewakili kebutuhan dan pandangan para atlet dari seluruh dunia. Mereka juga bertugas untuk memberikan saran dan masukan kepada BWF.

Proses pemilihan akan dilakukan mulai 26 April melalui surat elektronik. Namun pemain yang berpartisipasi di Piala Sudirman 2017 juga bisa langsung melakukan voting di tempat yang akan disediakan di dekat arena pertandingan, yakni di Gold Coast, Australia.

Kesembilan calon tersebut adalah:

1. Akvile Stapusaityte (Lituania)
2. Edwin Ekiring (Uganda)
3. Koo Kien Keat (Malaysia)
4. Kirsty Gilmour (Skotlandia)
5. Luis Ramon Garrido Esquivel (Meksiko)
6. Marc Zwiebler (Jerman)
7. Nikhar Garg (India)
8. Pusarla V. Sindhu (India)
9. Yoo Yeon-seong (Korea Selatan)