Investigasi INDOSPORT

Susy Susanti dan Revolusi Bulutangkis Indonesia

  • Susy Susanti menjadi perempuan pertama yang menjadi Kabid Binpres dalam sejarah PBSI.
  • Susy bertekad mengembalikan nama Indonesia di jajaran paling elit negara-negara bulutangkis terbaik dunia.
Jumat, 21 April 2017 17:00 WIB
Editor: Ramadhan
© Grafis: Galang/INDOSPORT/Internet
Susy Susanti. Copyright: © Grafis: Galang/INDOSPORT/Internet
Susy Susanti.

Jika boleh menyebut salah satu perempuan yang menginspirasi di Indonesia, rasanya nama Susy Susanti cukup layak ada di barisan perempuan hebat seperti R.A Kartini. Meski beda generasi, Kartini dan Susy sama-sama meninggalkan cerita perjuangan besar bagi bangsa dan negara.

Kartini menjadi tonggak penting bagaimana perannya sebagai perempuan sungguh tak ternilai untuk Tanah Air. Tak ada sekat gender, jika dalam konteks berkorban untuk Ibu Pertiwi, maka perempuan seperti Kartini siap mengorbankan darah yang sama besarnya dengan kaum laki-laki.

Pun dengan Susy Susanti yang sudah jatuh bangun merasakan getirnya perjuangan membela nama baik negara di panggung dunia sebagai atlet bulutangkis. Susy muda sama berapi-apinya dengan Kartini untuk urusan bela negara, dan bagi keduanya, menjadi perempuan pendobrak tradisi dengan prestasi adalah hal yang mutlak.

Bagi Susy, menyerahkan separuh hidupnya untuk bulutangkis mungkin tak pernah terpikirkan jauh sebelumnya. Apalagi, di masa mudanya, anak perempuan seusia Susy tak banyak yang memutuskan untuk menjadi seorang atlet, karena masalah kesejahteraan dan masa depan menjadi pertimbangan.

Apalagi di era 1990-an, kehidupan atlet memang tak segemerlap era sekarang. Berjuang keras dari bawah demi meraih prestasi tertinggi, tapi tak mendapatkan imbalan setimpal dari segi bonus, tak jadi soal. Lagi-lagi Susy selalu menempatkan kepentingan negara di atas segala-galanya.

Kini, Susy memang bukan lagi atlet bulutangkis aktif setelah memutuskan pensiun, namun ia memiliki peran baru untuk dunia tepok bulu Tanah Air sebagai Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI periode 2016-2020.

Legenda pebulutangkis Indonesia, Susy Susanti. Copyright: Tony Marshall/EMPICS via Getty ImagesLegenda pebulutangkis Indonesia, Susy Susanti.

Dalam rangka Hari Kartini yang jatuh tepat hari ini, Jumat (21/04/17), INDOSPORT akan menyajikan cerita perjuangan Susy Susanti dari hasil perbincangan ringan di Pelatnas PBSI Cipayung. Cerita perjuangan Susy sebagai sosok perempuan tangguh yang saat ini siap membangkitkan kembali kejayaan bulutangkis Indonesia di puncak dunia.