Badminton Asia Championship 2017

Infeksi Virus Buat Jonatan Christe Absen di Kejuaraan Asia

Selasa, 25 April 2017 07:32 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© badmintonindonesia.org
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. Copyright: © badmintonindonesia.org
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie.

Kabar buruk datang dari cabang olahraga bulutangkis Indonesia jelang Badminton Asia Championship (BAC) 2017, yang akan berlangsung di Wuhan, China pada 25-30 April 2017 ini.

Pasalnya, salah satu andalan Tanah Air di nomor tunggal putra, Jonatan Christie dipastikan batal mengikuti salah satu kejuaraan bulutangkis paling bergengsi di benua Asia tersebut.

"Jonatan sedang tidak fit dan ada infeksi virus, jadi dokter menyarankan untuk tidak bertanding dulu," ujar Susy Susanti, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI seperti dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

"Tentu berpengaruh dengan kekuatan pemain Indonesia. Bukan cuma Jonatan, tetapi beberapa pemain andalan kita mundur karena sakit dan cedera," tambah Susy.

Jonatan sendiri membenarkan bahwa dirinya sedang sakit dan merasa tidak fit selama beberapa hari terakhir. Setelah melakukan pemeriksaan ke dokter, Jonatan pun dinyatakan tidak memungkinkan untuk bertanding.

© Ramadhan/INDOSPORT
Susy Susanti saat diwawancarai di Pelatnas PBSI. Copyright: Ramadhan/INDOSPORTSusy Susanti menjelaskan kondisi Jonatan tidak fit untuk tampil di BAC 2017.

"Saya memang pasti batal ke BAC, karena sakit. Sudah tidak enak badannya beberapa hari yang lalu. Setelah cek ke dokter, ternyata tidak diperbolehkan tanding di BAC," ungkap pria kelahiran 15 September 1997 tersebut.

Absennya Jonatan di BAC 2017 pun membuat Indonesia hanya tinggal menggantungkan harapan meraih gelar juara di tiga wakil tersisa, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Ihsan Maulana Mustofa, dan Tommy Sugiarto.

Mundurnya Jonatan ini juga menambah jumlah wakil Indonesia yang absen di BAC 2017. Sebelumnya, pasangan ganda putra terbaik Tanah Air, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juga dipastikan absen lantaran Marcus tengah mengalami cedera punggung.

© Humas PBSI
Tunggal putra andalan Indonesia, Jonatan Christie. Copyright: Humas PBSIAbsennya Jonatan membuat Indonesia cuma punya 3 wakil di tunggal putra di BAC 2017.

Di nomor ganda campuran, pasangan peraih medali emas Olimpiade 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir juga batal terbang ke China akibat Liliyana masih dalam tahap pemulihan cedera lutut kanan.

Pasangan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Istarani juga mundur dari BAC 2017. Hal itu terjadi karena Anggia mengalami cedera hamstring pada bagian paha kanannya.