Badminton Asia Championship 2017

Berstatus Juara Bertahan, Ini Persiapan Lee Chong Wei Jelang Kejuaraan Asia 2017

Rabu, 26 April 2017 06:01 WIB
Editor: Ramadhan
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Caption

Pebulutangkis tunggal putra andalan Malaysia, Lee Chong Wei mengaku susah siap untuk tampil di Badminton Asia Championship atau Kejuaraan Asia Bulutangkis 2017 yang berlangsung di Wuhan, China, pada 25-30 April 2017 nanti.

Chong Wei sendiri berstatus juara bertahan jelang Kejuaraan Bulutangkis Asia di Wuhan nanti. Di edisi sebelumnya, Chong Wei sukses keluar sebagai kampiun setelah di laga final mengalahkan wakil China, Chen Long lewat pertarungan rubber set dengan skor 21-17, 15-21, 21-13.

Meski begitu, Chong Wei tak ingin muluk-muluk memasang target meraih gelar juara. Chong Wei hanya menjadikan ajang tersebut sebagai pemanasan pemanasan menuju Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017 yang akan berlangsung di Glasgow, Skotlandia, 21-27 Agustus mendatang.

“Persiapan saya berjalan baik. Namun, saya tentu tak bisa selalu jadi juara pada setiap turnamen,” kata Lee Chong Wei seperti dilansir Kosmo.

“Kejuaraan Asia itu sama seperti ajang lain, tapi tantangannya lebih sulit karena seluruh pemain terbaik Asia bakal tampil. Saya akan berusaha memberi yang terbaik,” jelas pemain nomor satu dunia tersebut.

Sebenarnya, Chong Wei sendiri belum sepenuhnya bugar, apalagi cedera lutut yang ia alami jelang All England 2017 masih dalam proses pemulihan. Meski begitu, Chong Wei bakal tetap berkomitmen untuk tampil baik di ajang tersebut.

© AP Photo/Rui Vieira
Caption Copyright: AP Photo/Rui VieiraTunggal putra andalan Malaysia, Lee Chong Wei.

“Kejuaraan Asia penting karena saya merupakan juara bertahan. Lagi pula kondisi lutut saya yang cedera terus membaik meski belum pulih 100 persen,” tambah pemain berusia 34 tahun tersebut.

Pada pertandingan babak pertama, Chong Wei akan menghadapi wakil Jepang, Kazumasa Sakai. Jika terus meraih kemenangan, Chong Wei bisa saja bertemu dengan rival yang mengalahkannya di Malaysia Open Super Series Premier 2017, Lin Dan pada babak semifinal.

Selain meraih gelar juara pada 2016, Chong Wei juga pernah menjuarai Kejuaraan Asia Bulutangkis yakni pada pada 2006. Kala itu di laga final, Chong Wei berhasil mengalahkan wakil Thailand, Boonsak Ponsana dengan skor 21-12, 21-16.