Badminton Asia Championship 2017

6 Fakta Unik Jelang Duel Klasik Lin Dan vs Lee Chong Wei

Sabtu, 29 April 2017 09:59 WIB
Editor: Ramadhan
© chinasportsinsider.com
Caption Copyright: © chinasportsinsider.com
Caption

Setelah bertemu di partai final Malaysia Open Super Series Premier 2017 beberapa waktu yang lalu, yang mana Lin Dan tampil sebagai juara, kini Lin Dan dan Lee Chong Wei kembali dipertemukan. Keduanya akan berjibaku di babak semifinal Badminton Asia Championship 2017 yang berlangsung di Wuhan, China.

Pertarungan kedua pemain legendaris tersebut bakal jadi magnet tersendiri bagi pecinta bulutangkis dunia. Meski tak lagi muda, duel klasik Lin Dan vs Chong Wei selalu menyuguhkan tontonan menarik dan permainan level tinggi.

Secara keseluruhan sejak 2004 silam, Lin Dan dan Chong Wei sudah bertemu sebanyak 38 kali baik di level Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Super Series, Grand Prix Gold, dan International Challenge. Sejauh ini, Lin Dan masih unggul jauh atas Datok Chong Wei dalam hal kemenangan.

Jelang laga semifinal Kejuaraan Asia yang akan berlangsung siang hari ini, Sabtu (29/04/17), INDOSPORT merangkum beberapa catatan menarik dari pertemuan Lin Dan vs Lee Chong Wei.

1. Lin Dan dan Lee Chong Wei sama-sama meraih medali perunggu pada Kejuaraan Dunia Junior tahun 2000. Kala itu, medali emas diraih Bao Chunlai dan medali perak diraih pebulutangkis Indonesia, Sony Dwi Kuncoro.

2. Lin Dan dan Lee Chong Wei pertama kali bertemu di Kualifikasi Thomas Uber Cup tahun 2004 zona Asia. Kala itu, Lin Dan sukses menang atas Chong Wei.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images/Istimewa
Lin Dan vs Lee Chong Wei. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images/IstimewaLin Dan vs Lee Chong Wei.

3. Lin Dan dan Lee Chong Wei sudah bertemu sebanyak 38 kali di sepanjang karier mereka. Dari pertemuan tersebut, Lin Dan berhasil meraih total 26 kemenangan, sedangkan Lee Chong Wei meraih 12 kemenangan.

4. Lee Chong Wei berhasil mengalahkan Lin Dan pada laga semifinal Olimpiade Rio 2016. Namun sayangnya, Chong Wei akhirnya gagal juara usai takluk dari pemain China lainnya, Chen Long di partai final.

5. Lin Dan sukses mengalahkan Lee Chong Wei di final Malaysia Open Super Series Premier 2017 beberapa waktu lalu dengan skor 21-19 dan 21-14, sekaligus memastikan gelar Super Series pertama Lin Dan di kandang Chong Wei.

6. Lin Dan dan Lee Chong Wei secara total sudah terlibat dalam 2 final Olimpiade, 2 final Kejuaraan Dunia, dan 2 final Asian Games. Dari semua final tersebut, Lin Dan sukses keluar sebagai pemenang dan Lee Chong Wei selalu kalah dan berada di tempat kedua.