Badminton Asia Championships 2017

Hasil Lengkap Final Kejuaraan Asia: Tanpa Indonesia, China Mendominasi

Minggu, 30 April 2017 22:39 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Chen Long. Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Chen Long.

Indonesia kembali pulang dengan tangan hampa saat wakil satu-satunya yang tersisa, Praveen Jordan/Debby Susanto gugur di babak perempatfinal. Dengan absennya wakil Tanah Air di babak final, China sukses meraih tiga gelar, disusul Jepang dan Taiwan yang masing-masing meraih satu gelar.

Di partai pertama, tuan rumah meraih gelar pertama melalui wakilnya, Lu Kai/Huang Yaqiong yang menaklukkan wakil Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Lu/Huang menang dua set langsung, 21-18 dan 21-11.

Di sektor putri, China tak mengirimkan satu wakil pun baik di partai ganda maupun putri. Gelar ganda putri diraih unggulan pertama asal Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dalam pertandingan sengit tiga set. Sementara sektor tunggal putri juga dimenangkan unggulan pertama asal Taiwan, Tai Tzu Ying.

Gelar juara tunggal putra akhirnya diraih oleh Chen Long setelah mengoleksi tiga medali perak dan tiga perunggu di ajang ini sejak 2009. Pemain 28 tahun ini mengalahkan seniornya sendiri, Lin Dan dalam pertarungan tiga set, 21-23, 21-11, dan 21-10.

Pertarungan all-China final juga berlangsung di partai ganda putra. Li Junhui/Liu Yuchen mengalahkan sesama pemain muda, Huang Kaixiang/Wang Yilyu dengan skor 21-14 dan 21-12.

Hasil lengkap babak final Badminton Asia Championships 2017:

© Tournament Software
Sumber: Tournament Software. Copyright: Tournament SoftwareSumber: Tournament Software.