Federer Beberkan Rahasia Penampilan Gemilangnya di Tahun Ini

Jumat, 5 Mei 2017 22:40 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Kevork Djansezian/Getty Images
Petenis Swiss, Roger Federer, berhasil meraih trofi Indian Wells 2017. Copyright: © Kevork Djansezian/Getty Images
Petenis Swiss, Roger Federer, berhasil meraih trofi Indian Wells 2017.

Roger Federer mengakui bahwa cedera lutut yang memaksanya absen selama enam bulan di tahun lalu, justru berperan penting dalam menemukan kekuatan barunya di tahun ini.

Petenis kelahiran Swiss ini memukau dunia tenis dengan langsung menjuarai tiga dari empat turnamen di awal tahun ini, padahal di usianya yang menginjak 35 tahun, ia tak bisa dibilang berada di usia emas seorang atlet pada umumnya.

Federer juga menyatakan, tampil tanpa ekspektasi seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana ia dijagokan untuk selalu menang, malah sangat membantu ia meraih kemenangan. Tampil tanpa target tinggi membuatnya tampil tanpa beban.

"Saya sudah segar dan merasa muda kembali, siap, dan antusias untuk bermain dalam tur lagi. Saya akhirnya bisa bicara secara berbeda kepada media dan semua orang dan saya bilang ke semuanya betapa kecil ekspektasi yang saya punya," ungkap Federer kepada tennis.com.

© Internet
Roger Federer mengangkat trofi juara Australia Terbuka setelah mengalahkan Rafael Nadal di babak final. Copyright: InternetRoger Federer mengangkat trofi juara Australia Terbuka 2017 setelah mengalahkan Rafael Nadal di babak final.

"Karena selama 15 tahun terakhir, saya selalu bilang kurang lebih ingin menang dalam turnamen berikutnya yang saya ikuti, karena itulah kenyataannya. Namun karena cedera ini, seperti segalanya dimulai dari awal, dan itu adalah hal yang indah," lanjutnya.

Hingga kini, Federer telah memenangkan Australia Terbuka, Indian Wells, dan Miami Terbuka. Dalam rentang tiga bulan, ia juga melaju dari peringkat 17 dunia ke posisi empat besar. Kini ia tengah dalam masa istirahat selama delapan minggu sebelum bertanding kembali di turnamen Prancis Terbuka.