Kejuaraan Dunia 2017

Kalah Beruntun dari Lin Dan, Lee Chong Wei Butuh Taktik Baru

Sabtu, 6 Mei 2017 15:59 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Stringer/Getty Images
Lee Chong Wei. Copyright: © Stringer/Getty Images
Lee Chong Wei.

Lee Chong Wei mengaku butuh strategi baru untuk melawan rival abadinya, Lin Dan. Pasalnya, dalam dua pertemuan terakhir di ajang Malaysia Open 2017 dan Badminton Asia Champonships 2017, Lee menyerah hanya dalam dua set.

"Dalam dua pertandingan itu, Lin Dan memang memakai strategi baru, (karena itu) penting untuk saya melakukan persiapan terbaik," lanjutnya.

Pebulutangkis kebanggaan Malaysia itu pun ingin melupakan kekalahan dari peraih dua medali emas olimpiade tersebut dan fokus menghadapi Kejuaraan Dunia tahun ini yang akan berlangsung Agustus nanti di Glasgow, Skotlandia.

"Fokus saya sekarang adalah memperbaiki permainan sendiri, saya akan berbicara dengan pelatih mengenai persiapan saya untuk ke Kejuaraan Dunia," ungkap Lee seperti dilansir Utusan Malaysia.

© www.news.cn
Lee Chong Wei vs Lin Dan Copyright: www.news.cnLee Chong Wei vs Lin Dan.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) memberikan wildcard kepada tunggal putra China, Chen Long. Meski ia kini menghuni peringkat delapan dunia, Chen Long tetap diberikan tiket untuk Kejuaraan Dunia karena berstatus sebagai juara bertahan dan juara Asia 2017, serta juara Olimpiade 2016.

Dengan begitu, China memiliki empat wakil di Kejuaraan Dunia nanti, yakni Lin Dan, Shi Yuqi, Tian Houwei, dan Chen Long. Mendengar kabar tersebut, Lee mengaku terkejut karena China sebetulnya sudah punya tiga wakil yang sangat kuat. Namun Lee menganggapnya sebagai tantangan yang harus diterima setiap pemain yang berambisi menjadi juara dunia.

"Kalau ingin jadi juara dunia, kita harus lawan semua pemain tetapi dalam kondisi ini memang susah untuk semua pemain. Apa pun kita terima keputusan BWF ini, tidak ada yang bisa dilakukan selain fokus pada permainan sendiri saja," pungkas pemain 34 tahun tersebut.