Indonesia Open 2017

Indonesia Open 2017 Bakal Penuh Kejutan, Apa Saja Itu?

Sabtu, 13 Mei 2017 07:13 WIB
Editor: Ramadhan
© Herry Ibrahim/Indosport
Beberapa tim negara-negara peserta mulai uji coba lapangan Istora Senayan. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Beberapa tim negara-negara peserta mulai uji coba lapangan Istora Senayan.

Dalam waktu kurang lebih satu bulan lagi, pecinta bulutangkis di Tanah Air akan dimanjakan dengan hadirnya turnamen prestisius bertajuk Indonesia Open Super Series Premier 2017. Ajang itu bakal berlangsung pada 12-18 Juni 2017 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC).

Jika biasanya penyelenggaraan ajang Indonesia Open sudah identik dan terbiasa di Istora Senayan, berbeda dengan tahun ini yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC). Istora Senayan sendiri saat ini tengah direnovasi sebagai persiapan untuk menggelar Asian Games 2018.

Indonesia Open 2017 diyakini bakal berlangsung meriah karena ajang tersebut merupakan perhelatan elit level Super Series Premier dengan hadiah total uang 1.000.000 dolar atau sekitar 13,3 miliar rupiah. Hadiah tersebut menjadi yang paling tinggi di atas China Open, Denmark Open, dan All England.

Tak hanya itu, ajang Indonesia Open edisi kali ini juga bakal menyuguhkan sejumlah kejutan di arena pertandingan. Bagaimana tidak, di edisi kali ini, selain bakal diikuti oleh para pemain top 10 dunia dari masing-masing kategori khususnya, juga kabarnya bakal dihadiri oleh para mantan bintang-bintang bulutangkis yang beberapa tahun sebelumnya sempat ditakuti oleh musuh-musuhnya.

© Jerry/INDOSPORT
Beberapa orang ikut meramaikan Indonesia Open 2016 di Istora Senayan, Jakarta. Copyright: Jerry/INDOSPORTBeberapa orang ikut meramaikan Indonesia Open 2016 di Istora Senayan, Jakarta.

Seperti hadirnya duet ganda putri andalan China, Tang Jinhua/Bao Yixin.  Mantan pasangan nomor satu dunia itu akan ‘reuni’ di Indonesia Open 2017, setelah keduanya sempat ‘bercerai’ sejak 2015 lalu. Hadirnya Jinhua/Yixin tentu bakal menambah peta persaingan di sektor ganda putri.

Lalu, ada mantan pebulutangkis terbaik dunia dari sektor ganda campuran asal Korea, Kim Ha Na, yang juga bakal kembali mengikuti persaingan di Indonesia Open 2017 nanti. Akan tetapi ia tidak akan berpasangan lagi dengan Kho Sung Hyun, dan akan berduet dengan Kim Duk Young.

Dari Tanah Air, kabar mengejutkan juga datang dari pebulutangkis Indonesia yang pernah jadi andalan di sektor tunggal putri yakni Bellaetrix Manuputty. Ya, berdasarkan pengumuman yang disampaikan PBSI, nama Bellaetrix masuk dalam daftar pemain yang akan diturunkan.

Setelah hampir setahun absen dari dunia tepok bulu karena harus menjalani pemulihan pasca operasi cedera lutut yang dialaminya, kini Belaetrix pun siap kembali ke arena pertandingan.

© Badminton Indonesia
Caption Copyright: Badminton IndonesiaBellaetrix Manuputty.

“Memang benar saya rencananya akan kembali bertanding di Indonesia Open nanti. Tetapi itupun kalau saya masuk ke drawing, karena kami masih berada di daftar tunggu,” kata Bellaetrix Manuputty kepada Djarum Badminton.

Mantan penghuni Pelatnas Cipayung ini pun secara mengejutkan tidak akan bermain di nomor spesialisnya tunggal putri. Akan tetapi, Bellaetrix akan mencoba peruntungan bermain di nomor ganda campuran dengan pemain non Pelatnas lainnya, Rafiddias Akhdan Nugroho.

Namun, pasangan ganda campuran dadakan Bellaetrix/Rafiddias sendiri belum tentu bisa dipastikan bakal tersaji di Indonesia Open 2017 nanti, mengingat nama keduanya masih berada di daftar tunggu.