Piala Sudirman 2017

Butet Absen, Praveen Jordan Belum Fit, Ganda Campuran dalam Ancaman

Senin, 15 Mei 2017 09:41 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Humas PBSI
Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir vs Praveen Jordan-Debby Susanto Copyright: © Humas PBSI
Tontowi Ahmad-Liliyana Natsir vs Praveen Jordan-Debby Susanto

Sektor ganda campuran menjadi andalan Indonesia untuk meraih poin dalam gelaran Piala Sudirman 2017. Namun dua pasangan terbaik Indonesia, sedang berada dalam kondisi yang tak fit. 

Liliyana Natsir alias Butet, yang berpasangan dengan Tontowi Ahmad, sudah dipastikan tak tampil dalam turnamen beregu campuran ini. Sementara Praveen Jordan yang menjadi partner Debby Susanto, belum pulih 100 persen setelah mengalami gejala tifus.

Tontowi mengakui kondisi ini bisa berdampak pada performa tim. Sebab dengan pasangan baru, kekompakan yang terjalin belum sekuat dengan pasangannya selama ini.

"Kalau kans berkurang, pasti ya. Karena kalau dipasangkan dengan Ci Butet, disamping berpengalaman, lebih senior, juga lebih bagus," kata Owi.

© HUMAS PBSI
Praveen Jordan/Debby Susanto stelah pertandingan. Copyright: HUMAS PBSIPraveen Jordan/Debby Susanto setelah pertandingan.

Debby Susanto juga tak menampik beratnya perjuangan yang akan dihadapi sektor ganda campuran Indonesia. Namun demikian, ia tak mampu menutup peluang mengingat pertandingan belum dimulai.

"Tanggung jawabnya aja sih jadi lebih besar. Owi nggak sama Butet, saya juga belum tentu sama pasangan saya, tapi kans sih pasti masih ada," tutur Debby.

Indonesia mengirim empat pemain spesialisasi ganda campuran, yaitu Tontowi Ahmad, Praveen Jordan, serta Debby Susanto dan Gloria Emanuelle Widjaja.

Jika kondisi Jordan belum memungkinkan untuk tampil di Gold Coast, Australia, maka Tontowi Ahmad akan tampil bersama Debby Susanto. Namun saat ini, Jordan sudah kembali berlatih. 

"Dia baru latihan 1-2 hari ini, jadi belum ada persiapan. Disana (Australia) kan 5 hari sebelum main, mungkin Jordan persiapannya di sana," ujarnya.