Banyak Talenta Terpendam, Indonesia Harus Jadi Negara Adidaya di Bulutangkis

Selasa, 23 Mei 2017 15:28 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Bulutangkis merupakan olahraga yang sangat dekat dan populer di masyarakat Indonesia. Karenanya, Indonesia diminta untuk terus berbenah untuk menjadi negara adidaya untuk menguasai olahraga tepok bulu tersebut. 

Banyaknya talenta terpendam yang tersebar di seantero negeri ini menjadi alasan utama. Hal itu diungkapkan langsung oleh Budi Darmawan selaku Manager Komunikasi Bakti Olahraga Djarum Foundation.

Ia menjelaskan, ada banyak talenta baru terdeteksi saat pihaknya mengadakan audisi untuk Djarum Foundation.

"Kita ingin jadi negara adidaya di bulutangkis karena saat audisi Djarum beberapa waktu lalu, banyak bibit pemain yang bahkan berasal dari kota yang sebelumnya belum ada di koran. Bulutangkis jadi penguat bangsa ini, karenanya harus jadi ambasador Indonesia," ujar Budi Darmawan. 

Namun Budi Darmawan menyatakan butuh waktu yang cukup lama untuk mewujudkan keinginan tersebut. Karenanya federasi bulutangkis Indonesia, PBSI harus lebih sering dan berani menurunkan atlet-atlet muda di berbagai ajang bulutangkis untuk mengasah kemampuan atlet muda.

"Kita butuh 7-10 tahun untuk membuat atlet berprestasi dan PBSI harus  melakukan banyak kejuaraan nasional dan internasional sehingga pemain muda bisa tanding di sana," tuturnya.