Piala Sudirman 2017

Hentikan Dominasi China, Korea Juara Piala Sudirman 2017

Minggu, 28 Mei 2017 15:11 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Twitter@BadmintonNow
Selebrasi pemain Korea Selatan usai mengalahkan China di final Piala Sudirman 2017. Copyright: © Twitter@BadmintonNow
Selebrasi pemain Korea Selatan usai mengalahkan China di final Piala Sudirman 2017.

Tim bulutangkis Korea berhasil mengalahkan China di babak final Piala Sudirman 2017. Ini merupakan gelar keempat yang diraih Korea di ajang Piala Sudirman.

Kemenangan terakhir Korea terjadi kala mereka menghadapi China di final Piala Sudirman 2003 lalu. Saat itu, Korea menang dengan skor 3-1.

Kemenangan ini sekaligus menghentikan dominasi China yang telah memonopoli gelar Piala Sudirman. Mimpi Negeri Tirai Bambu untuk meraih gelar ke-7 beruntun di Piala Sudirman pun harus pupus.

© Twitter@BadmintonNow
Fu Haifeng dan Zhang Nan. Copyright: Twitter@BadmintonNowFu Haifeng dan Zhang Nan saat menghadapi Choi Solgyu/Seo Seung-jae.

China sebenarnya unggul lebih dulu lewat kemenangan Fu Haifeng/Zhang Nan saat menghadapi Choi Solgyu/Seo Seung-jae. Fu/Zhang memenangkan pertandingan lewat dua game langsung 21-14 dan 21-15.

Namun Korea berhasil menyamakan kedudukan saat pertandingan kedua di nomor tunggal putri. Sung Ji-hyun tampil percaya diri saat menaklukkan He Bingjiao dengan skor 21-12, 21-16.

China merebut kembali keunggulan setelah Chen Long mencuri poin dari Jeon Hyeok-jin dengan skor  meyakinkan 21-10, 21-10.

Namun lagi-lagi Korea menyamakan kedudukan lewat kemenangan Chang Ye-na/Lee So-hee saat menghadapi Chen Qingchen/Jia Yifan. Mereka unggul 21-19 dan 21-13.

© Twitter@BadmintonNow
Chang Ye Na dan Lee So Hee. Copyright: Twitter@BadmintonNowChang Ye Na dan Lee So Hee mengalahkan Chen Qingchen dan Jia Yifan.

Pada game penentu, laga ketat diperagakan pasangan Lu Kai/Huang Yaqiong dan Choi Solgyu/Chae Yoo-jung. Sempat tertinggal di awal game pertama, Lu/Huang mampu menyamakan kedudukan namun pada akhirnya harus mengakui keunggulan lawan.

Choi/Chae akhirnya memastikan kemenangan Korea lewat kemenangan 21-17 dan 21-13.