Prancis Terbuka 2017

(VIDEO) Adu Mulut dengan Wasit, Nadal: Saya Bukan Mesin!

Senin, 5 Juni 2017 18:16 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Tennis.com
Rafael Nadal. Copyright: © Tennis.com
Rafael Nadal.

Rafael Nadal menodai kemenangannya atas Roberto Bautista Agut dengan sempat bertengkar dengan wasit dalam laga Prancis Terbuka yang berlangsung Minggu (04/06/17).

Wasit Carlos Ramos memberi peringatan kepada pemain 31 tahun itu di set pertama karena bermain dengan lambat. Lalu ia memberi teguran kedua di set ketiga.

"Jika Anda ingin bermain baik, Anda harus membiarkan para pemain bernapas sedikit. Kami bukan mesin yang tak bisa berpikir. Itu pandangan saya," tegas Nadal seusai laga.

Baca Juga

"Apa yang bisa saya katakan? Saya memberi tahu Anda ini dengan rasa kesedihan karena saya tak mau ada masalah. Namun wasit sepertinya mencoba untuk mencari-cari kesalahan dan eror saya," tambahnya.

© Getty Images
Rafael Nadal di Prancis Terbuka 2017. Copyright: Getty ImagesRafael Nadal di Prancis Terbuka 2017.

Petenis peraih sembilan gelar di Prancis Terbuka itu yakin beberapa wasit memang lebih ketat dibanding yang lainnya, terutama dalam laga-laga panas seperti di Grand Slam.

"Secara teori, wasit di sini untuk menganalisis pertandingan dan mereka tidak di sini untuk menggunakan stopwatch, kalau tidak kita seharusnya punya stopwatch di lapangan," tambah Nadal.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESRoberto Bautista Agut.

Dalam laga tersebut, The King of Clay memang mengambil waktu napas lebih dari batas yang telah diatur, yakni 25 detik. Selepas laga, Bautistas Agut juga membela rival yang mengalahkannya itu.

"Rafa dan saya butuh bermain untuk mendapatkan banyak poin. Kami harus banyak berlari. Kami tak butuh tambahan tekanan dari wasit. Saya tak terlalu setuju dengan peraturan tersebut," tutur petenis Spanyol tersebut.

Di akhir laga, Nadal sukses mengalahkan rivalnya dengan skor 6-1, 6-2, dan 6-2. Ia juga menyamai rekor Roger Federer dengan 11 kali masuk ke babak perempatfinal Prancis Terbuka.

© Twitter/BBC Tennis
Rafael Nadal melaju ke babak tiga Prancis Terbuka 2017. Copyright: Twitter/BBC TennisRafael Nadal melaju ke babak tiga Prancis Terbuka 2017.