Chong Wei Jadi Alasan Misbun Sidek Kembali Latih Malaysia

Sabtu, 10 Juni 2017 18:16 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Fourthofficial
Tunggal putra andalan Malaysia, Lee Chong Wei. Copyright: © Fourthofficial
Tunggal putra andalan Malaysia, Lee Chong Wei.

Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) telah mengumumkan kembalinya legenda bulutangkis mereka ke dalam jajaran pelatih. Sidek akan menjadi pelatih kepala sektor tunggal putra, dengan dua mantan pemain Indonesia Hendrawan dan Indra Wijaya, menjadi asistennya.

Pada 2002 lalu, Sidek sudah mengisi jabatan tersebut. Namun ia memilih mundur pada 2011, karena merasa BAM tak mendukung kebijakannya.
 

© alchetron.com
Misbun Sidek (Malaysia) Copyright: alchetron.comMisbun Sidek, pelatih tunggal putra Malaysia.

Mantan rival tunggal putra Indonesia, Icuk Sugiarto itu mengatakan, Lee Chong Wei, menjadi alasan dirinya kembali bergabung dengan BAM.

Baca juga: 

Dia mengatakan, tunggal putra ranking 3 dunia itu telah mendatangi dan memintanya untuk kembali bergabung dengan BAM. Saat itu, kata dia, Lee Chong Wei terlihat sangat membutuhkan bantuan dirinya.

©
Misbun Sidek Copyright: Misbun Sidek, pelatih tunggal putra Malaysia.

"Dia mendatangi saya tujuh atau delapan kali, ini merupakan bukti bahwa dirinya benar-benar butuh bantuan untuk meningkatkan performanya untuk mencapai level yang lebih tinggi dalam kariernya. Hal ini yang akhirnya membuat saya menerima posisi ini," kata Sidek menerangkan.

© Stringer/Getty Images
Caption Copyright: Stringer/Getty ImagesTunggal putra andalan Malaysia, Lee Chong Wei.

Pria 57 tahun itu juga menegaskan, dirinya terus memantau perkembangan Chong Wei meski tak lagi berada di BAM sejak 2011. Karenanya dia tahu, Chong Wei masih terus menerapkan teknik yang diajarkan Sidek.

"Saya sudah menganggap Chong Wei sebagai anak saya sendiri. Saat seorang anak meminta pertolongan, orang tua pasti akan membantunya," ujarnya.