Stan Wawrinka dan Bidikan La Decima Rafael Nadal

Sabtu, 10 Juni 2017 21:25 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
© Getty Images
Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal Copyright: © Getty Images
Petenis asal Spanyol, Rafael Nadal

Petenis Spanyol, Rafael Nadal, membidik gelar ke-10 atau La Decima di ajang Grand Slam Prancis Terbuka. Dia akan menghadapi petenis Swiss, Stanislas Wawrinka di babak pamungkas yang akan berlangsung Minggu (11/06/17).

"Memang betul 10 angka yang cantik, tapi angka favorit saya adalah 9. Tapi jangan salah sangka, saya ingin 10 dan melampaui 9," ucap Nadal.

© INDOSPORT
Rafael Nadal. Copyright: INDOSPORTRafael Nadal.

Diatas kertas, Nadal jauh lebih unggul ketimbang lawannya. Di turnamen yang juga dikenal dengan nama Roland Garros ini, ia telah mengantongi sembilan gelar juara. Nadal juga unggul 15-3 dalam rekor head to head dengan Wawrinka.

Baca juga: 

Namun demikian, pada 2014 lalu, Wawrinka mengalahkan Nadal dalam laga penting di final Australia Terbuka. Nadal kala itu memang tampil dalam kondisi cedera. Namun meski membuka kemungkinan lain jika bertanding dalam kondisi fit, Nadal mengakui Wawrinka tampil apik dalam pertandingan tersebut.

"Tapi dia juga sudah tampil bagus sebelum itu. Dia menunjukkan dalam laga-laga penting, dia selalu bisa tampil menantang," kata Nadal. 

© Tennis.com
Rafael Nadal Copyright: Tennis.comRafael Nadal.

"Saat ini dia juga dalam kondisi yang bagus, sehingga kemungkinan pertemuan kali ini akan berlangsung sangat ketat. Dia akan tampil percaya diri. Saya harus bermain agresif dan tak membiarkannya mendapat posisi bagus agar saya tak jatuh dalam masalah," tuturnya.

© Internet
Stan Wawrinka juara AS Terbuka 2016. Copyright: InternetStan Wawrinka juara AS Terbuka 2016.

Sanjungan Nadal tak berlebihan, sebab Wawrinka memang tampil bagus di turnamein ini. Tiketnya ke babak final bahkan diraih dengan mengalahkan petenis ranking 1 dunia, Andy Murray.

"Tentu dia lebih diunggulkan untuk memenangkan pertandingan, tapi hal ini membuat saya harus menampilkan permainan terbaik saya," kata Wawrinka.

© INTERNET
Caption Copyright: INTERNETStan Wawrinka.

"Kalau saya kalah melawan Rafa, itu akan jadi hal wajar. Tapi tentu saja tak ada yang mau kalah di final Grand Slam, karenanya saya akan mencari solusi agar tampil kuar untuk meraih kemenangan kedua saya di Prancis Terbuka," lanjutnya.

Mampukah nanti Wawrinka memberi hasil kejutan? Atau Nadal yang merayakan gelar La Decima-nya di Prancis?