Indonesia Open 2017

Kejutan, Chong Wei Takluk di Tangan Pebulutangkis India

Kamis, 15 Juni 2017 16:47 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport
Lee Chong Wei takluk di babak kedua Indonesia Open 2017. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Lee Chong Wei takluk di babak kedua Indonesia Open 2017.

Sebuah kejutan tersaji dalam laga babak kedua nomor tunggal putra di turnamen Indonesia Open 2017 yang berlangsung di Jakarta Convention Center pada Kamis (15/06/17).

Bagaimana tidak, pebulutangkis nomor satu dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei takluk di tangan pebulutangkis India, Prannoy Kumar lewat dua set langsung dalam laga yang menghabiskan waktu selama 40 menit.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Caption Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTLee Chong Wei tidak dapat menembus babak perempat final Indonesia Open 2017.

Sejak set pertama, Kumar yang lolos dari babak pertama setelah mengalahkan wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, sudah tampil mendominasi. Beberapa kali pukulan kerasnya kesulitan untuk dikembalikan oleh Chong Wei, hingga akhirnya unggul dengan skor telak, 21-10.

Baca Juga

Berlanjut di set kedua, Chong Wei yang tertinggal lebih dulu dari lawan yang berselisih 28 peringkat di bawahnya sempat melakukan perlawanan. Namun, pada akhirnya ia dipaksa menyerah setelah kalah dengan skor tipis 18-21 dari Kumar.

© Herry Ibrahim/Indosport
Lee Chong Wei Copyright: Herry Ibrahim/IndosportLee Chong Wei saat menghadapi Tommy Sugiarto di babak pertama.

Kegagalan Chong Wei ini pun menambah deretan-deretan pebulutangkis unggulan yang tersingkir tanpa sempat merasakan bermain di babak perempatfinal.

Sebelumnya, sudah ada nama-nama seperti Carolina Marin (Spanyol, tunggal putri), Lin Dan (China, tunggal putra), dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (Indonesia, ganda putra) yang sudah tersingkir di babak pertama Indonesia Open 2017.

Kekalahan Chong Wei ini juga membuat nomor tunggal putra Indonesia Open 2017 akan menghadirkan juara baru. Pasalnya, Chong Wei merupakan juara bertahan Indonesia Open pada 2016 lalu.

© Twitter
Caption Copyright: TwitterLin Dan lebih dulu tersingkir di babak pertama Indonesia Open 2017.

Tidak hanya itu, Chong Wei juga berarti harus mengubur harapannya untuk merebut gelar juara Indonesia Open ketujuhnya. Ya, pebulutangkis kelahiran 21 Oktober 1982 itu pernah meraih gelar juara Indonesia Open 2007, 2009, 2010, 2011, 2013, dan 2016.

Di babak perempatfinal sendiri, Kumar nantinya akan menghadapi pemenang pertandingan antara Jonatan Christie dari Indonesia melawan Chen Long dari China.