SEA Games 2017

Jonatan Christie dkk Ditargetkan Raih Emas di Beregu Putra SEA Games 2017

Senin, 10 Juli 2017 15:46 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Tim Piala Sudirman Indonesia 2017. Copyright: © Humas PBSI
Tim Piala Sudirman Indonesia 2017.

Indonesia akan tampil di cabor bulutangkis nomor beregu putra SEA Games 2017 sebagai unggulan pertama sekaligus juara bertahan. Di babak perempatfinal, Indonesia akan menantang Kamboja. Jika lolos, Jonatan Christie dkk akan berhadapan dengan Thailand. Sementara Malaysia sendiri yang menjadi unggulan kedua, diprediksi akan mulus melangkah ke babak final.

Di bagian beregu putri, tim Indonesia yang merupakan unggulan kedua, bakal berhadapan dengan tim Laos. Di semifinal, putri-putri Indonesia kemungkinan akan menantang tim tuan rumah Malaysia. Sedangkan tim Thailand yang merupakan juara bertahan sekaligus unggulan pertama, mendapat bye di babak perempatfinal. Pada laga semifinal, Thailand akan bertemu dengan pemenang antara Singapura dan Vietnam.

 

A post shared by Badminton Talk (@badmintalk_com) on

Manajer tim bulutangkis SEA Games 2017, Susy Susanti, angkat bicara tentang hasil undian ini. Ia menekankan bahwa Tim Merah Putih di nomor putra ditargetkan untuk kembali mempertahankan medali emas.

“Buat kami, kami siap ketemu siapa saja. Kalau memang mau menang, harus bisa mengalahkan semuanya. Kami harus kerja keras, fokus. Kans kami cukup besar di beregu putra, memang kami membidik emas di nomor ini,” ujar Susy dalam keterangan tertulis yang diterima INDOSPORT.

Baca Juga

“Tim putri Indonesia kemungkinan bertemu Malaysia di semifinal dan Thailand di final. Peluang bertemu Malaysia memang lebih besar ketimbang ketemu Thailand. Jika bertemu Thailand di final, peluangnya 51-49 untuk keunggulan Thailand, tetapi tidak menutup kemungkinan kita bisa,” sambung Susy.

“Saya berharap dari sektor ganda putri di mana ada pasangan Greysia Polii/Apriani Rahayu yang baru menjuarai Thailand Grand Prix Gold 2017. Ganda putri kita juga mengalahkan beberapa ganda putri Thailand dan ini tentunya menambah kepercayaan diri mereka, semoga kali ini bisa menang lagi dan tinggal mencari satu nomor dari tunggal,” tambahnya.

© Ramadhan/INDOSPORT
Susy Susanti saat diwawancarai di Pelatnas PBSI. Copyright: Ramadhan/INDOSPORTSusy Susanti saat diwawancarai di Pelatnas PBSI.

Tim bulutangkis Indonesia menargetkan tiga medali emas di SEA Games 2017. Seperti yang diungkapkan Susy, nomor-nomor yang menjadi andalan adalah beregu putra, ganda putra, ganda campuran, dan ganda putri.

Penyelenggaraan SEA Games 2017 yang bersamaan dengan World Championships 2017 membuat tim bulutangkis Indonesia harus membelah kekuatan. Pemain-pemain top seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon yang dua tahun lalu meraih perak di SEA Games Singapura 2015, kali ini absen dan berlaga di World Championships 2017 yang berlangsung di Glasgow, Skotlandia.