Asia Junior Championship 2017

Taklukkan Singapura, Indonesia Hadapi Malaysia di Semifinal AJC 2017

Senin, 24 Juli 2017 16:18 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Humas PBSI
Pasangan ganda putra, Muhammad Shohibul Fikri/Adnan Maulana menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Singapura. Copyright: © Humas PBSI
Pasangan ganda putra, Muhammad Shohibul Fikri/Adnan Maulana menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Singapura.

Keperkasaan Tim Junior Indonesia dalam ajang Asia Junior Championship (AJC) 2017 belum terbendung. Hal itu terbukti setelah mereka mengandaskan Tim Junior Singapura di babak perempatfinal dengan skor 3-0.

Pasangan ganda putra, Adnan Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menjadi penentu kemenangan Indonesia setelah sebelumnya unggul 2-0.

© Humas PBSI
Pebulutangkis ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri dan Adnan Maulana. Copyright: Humas PBSIPebulutangkis ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Adnan Maulana.

Baca Juga

Dalam laga yang berlangsung di Jaya Raya Sports Hall Training Center pada Senin (24/07/17), Adnan/Fikri menang dua set langsung dengan skor akhir 21-14 dan 21-16 atas pasangan Wen Xing Abel Tan/Han Zhuo Toh.

Poin pertama Indonesia sendiri disumbangkan oleh tunggal putra, Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu. Kegemilangan Gatjra itu pun mampu dilanjutkan oleh tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung yang mampu mendominasi Nur Insyirah Khan dua set langsung.

© Humas PBSI
Pebulutangkis Indonesia Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu. Copyright: Humas PBSIGatjra  menjadi penyumbang poin pertama bagi Indonesia saat melawan Singapura.

Dengan kememangan atas Singapura tersebut, Indonesia berhasil memastikan satu tempat di babak semifinal. Pada babak tersebut, mereka sudah dinanti oleh Tim Junior Malaysia yang sebelumnya mengalahkan Taiwan dengan skor 3-1.

“Kalau bertemu Malaysia mereka defend-nya cukup bagus, itu yang perlu kami waspadai,” kata Adnan usai pertandingan seperti dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

© Humas PBSI
Pebulutangkis Indonesia Gregoria Mariska. Copyright: Humas PBSIPebulutangkis Indonesia Gregoria Mariska.

“Pola permainan mereka juga bagus, tipenya sama dengan Indonesia. Pukulannya lebih variatif. Beda dengan Tiongkok dan Korea yang mainnya mengandalkan power semua,” sambung Fikri.

Kemenangan ini sendiri membuat Indonesia hanya butuh dua kemenangan lagi untuk mengakhiri catatan buruk di Asia Junior Championship. Pasalnya, sejak berubah menjadi turnamen beregu pada 2006 silam, Indonesia tidak pernah merebut gelar juara, bahkan belum pernah juga masuk ke babak final.

Berikut hasil lengkap pertendingan beregu babak perempatfinal AJC 2017 antara Indonesia melawan Singapura:

Tunggal Putra: Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu vs Jia Wei Joel Koh, 12-21, 21-10, 21-15.

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung vs Nur Insyirah Khan, 21-4, 21-14.

Ganda Putra: Adnan Maulana/Muhammad Shohibul Fikri vs Wen Xing Abel Tan/Han Zhuo Toh, 21-14, 21-16.

Ganda Putri: Agatha Imanuela/Ribka Sugiarto vs Zhi Rui Bernice Lim/Jia Rong Sito (tidak dimainkan).

Ganda Campuran: Rinov Rivaldy/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Han Zhuo Toh/Nur Insyirah Khan (tidak dimainkan).