Kejuaraan Dunia 2017

Tanding di Kejuaraan Dunia, Ini Hasil Undian Wakil Indonesia

Jumat, 18 Agustus 2017 17:22 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan menjadi andalan Indonesia di Kejuaraan Dunia 2017. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan menjadi andalan Indonesia di Kejuaraan Dunia 2017.

Indonesia akan mengirimkan 12 atlet ke Kejuaraan Dunia bulutangkis yang sebentar lagi berlangsung di Glasgow, Skotlandia, 21-27 Agustus mendatang. Lantas, siapa sajakah lawan dari para wakil Merah Putih berdasarkan hasil undian World Badminton Championships (WBC) 2017?

Dari wakil tunggal putra, Tommy Sugiarto dijadwalkan akan bertemu atlet asal Hongkong, Hu Yun pada 21 Agustus nanti. Kedua pebulutangkis itu sudah bertemu dalam empat kali kesempatan, dan Tommy sejauh ini masih unggul dengan tiga kemenangan berbanding satu milik Hu Yun.

© Humas PBSI
Preskon PBSI jelang SEA Games 2017. Copyright: Humas PBSIJumpa pers PBSI jelang Kejuaraan Dunia dan SEA Games 2017 beberapa waktu lalu.

Sementara itu, atlet muda Anthony Sinisuka Ginting akan menghadapi wakil Polandia, Mateusz Dubowski pada 22 Agustus. Keduanya belum pernah bertemu sama sekali dan di atas kertas, wakil Indonesia lebih unggul berdasarkan ranking dunia. Ginting saat ini berada di posisi 26 sedangkan calon lawan di urutan 157.

Di sektor ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menempati unggulan ketiga langsung melaju ke babak kedua dan menunggu pemenang antara antara Ahmed Salah/Menna Eltanany (Mesir) vs Tseng Min Hao/Ling Fang Hu (Taiwan).

Selanjutnya, Praveen Jordan/Debby Susanto yang menjadi unggulan tujuh diganda campuran, berpeluang berjumpa wakil Indonesia lainnya yakni Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia (pemain independent alias non-pelatnas), jika mampu menang atas Toby Ng/Rachel Honderich (Kanada) di babak pertama.

Dari ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo yang menjadi unggulan tiga di WBC kali ini akan menunggu pemenang antara Peter Briggs/Tom Wolfenden (Inggris) atau Liao Kuan Hao/Lu Chia Pin (Taiwan) di babak kedua. Berikutnya ada Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang menjadi unggulan sembilan akan bertemu pemenang antara Adrian Liu/Toby Ng (Kanada) vs Evgenij Remin/Denis Grachev (Rusia).

© Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon beraksi dalam Singapore Open 2017. Copyright: Humas PBSIKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akan menjadi andalan Indonesia di Kejuaraan Dunia 2017.

Terakhir, pasangan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro justru harus bermain sejak babak pertama dan akan berjumpa Richard Eidestedt/Nico Ruponen (Swedia) pada 21 Agustus nanti. Jika mampu menang, Ahsan/Rian akan berjumpa unggulan satu asal Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen yang mendapatkan bye.

Sebagai catatan, pada Kejuaraan Dunia tahun ini, PBSI selaku induk bulutangkis Indonesia memang hanya mengirim 12 atlet yakni tunggal putra, ganda putra dan ganda campuran, lantaran jadwal yang bentrok dengan ajang SEA Games 2017.

© Herry Ibrahim/Indosport.com
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir setelah berhasil menjadi juara Indonesia Open 2017. Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comTontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

“Untuk tunggal putri dan ganda putri kami tidak kirim, karena kansnya agak kecil. Kalau untuk mengejar jam terbang, kayanya jangan ke Kejuaraan Dunia. Kami melihat lebih kepada standar dan kualitas pemain kita sendiri. Mending kita perkuat aja di SEA Games. Kami harapkan ini bisa menambah medali juga untuk Indonesia,” tutur Kabidbinpres PBSI, Susy Susanti, usai merilis nama pemain ke Kejuaraan Dunia, Juni lalu

Akan tetapi, wakil Indonesia di kejuaraan dunia 2017 ini juga berasal dari atlet non pelatnas. Mereka adalah Sony Dwi Kuncoro (tunggal putra), Lyanny Alessandra Mainaky (tunggal putri), Ririn Amelia (ganda putri) yang berpasangan dengan atlet Malaysia, Anna Ching Yik Cheong. Pada nomor ganda campuran Indonesia juga mengirimkan nama Lukhi Apri Nugroho (berpasangan dengan Ririn Amelia) serta Irfan Fadhilah/Weni Anggraini.