SEA Games 2017

Tim Bulutangkis Putra Indonesia Masih Superior Dibanding Malaysia

  • Tim bulutangkis beregu putra Indonesia akan menghadapi Malaysia di babak final SEA Games 2017.
  • Pertandingan menghadapi Malaysia di partai puncak SEA Games 2017 disebut-sebut sebagai final ideal yang sudah semestinya terjadi.
Kamis, 24 Agustus 2017 13:27 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Humas PBSI
Tunggal putra andalan Indonesia, Jonatan Christie. Copyright: © Humas PBSI
Tunggal putra andalan Indonesia, Jonatan Christie.

Banyak yang sudah memprediksi jika Indonesia bakal berhadapan dengan tim tuan rumah, Malaysia, di partai final bulutangkis beregu putra SEA Games 2017. Indonesia yang berstatus juara bertahan beregu putra tentunya di atas kertas lebih diunggulkan ketimbang Tim Negeri Jiran.

Indonesia melaju ke final dengan mengalahkan tim Thailand, 3-1 di babak semfinal yang berlangsung Rabu (23/08/17) kemarin. Satu nomor lepas dari genggaman Indonesia setelah di partai kedua, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto ditaklukkan Bodin Issara/Nipitphon Phuangphuapet.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, mengungkapkan pihaknya telah memprediksi skenario tim beregu putra Indonesia bakal menghadapi Malaysia. Jonatan Christie dkk bakal menantang tim tuan rumah yang menang telak 3-0 atas Singapura di laga semifinal.

Susy Susanti saat diwawancarai di Pelatnas PBSI. Copyright: Ramadhan/INDOSPORTKepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti.

“Kami memang sudah memprediksikan tim putra bisa lolos ke final. Kekalahan di partai kedua saya lihat karena ganda Thailand lebih senior dan lebih berpengalaman. Fajar/Rian yang bisa menang mudah di game pertama, tidak dapat mengatasi perubahan permainan lawan di game selanjutnya,” ujar Susy seperti dilansir laman Badmintonindonesia.org

“Fajar/Rian masih kalah berani, agak sedikit tegang jadi tertekan dan belum bisa menyumbang poin,” tambahnya.

Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto Copyright: Herry Ibrahim/Indosport.comFajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto

Susy juga mengimbau para pemain agar tak merasa gentar sedikitpun meski harus berhadapan dengan tim tuan rumah. Legenda tunggal putri Indonesia itu ingin para pemain memperlihatkan semangat hingga pertandingan terakhir untuk meraih kemenangan.

“Pemain di SEA Games kan tidak banyak, saya rasa kita sama-sama tahu siapa yang akan diturunkan. Malaysia kan sebagai tuan rumah, pasti banyak diuntungkan, misalnya dari segi suporter dan mereka lebih bisa menyesuaikan diri dengan venue di stadion ini,” ungkap Susy.