SEA Games 2017

Ganda Putri Indonesia Dicurangi Saat Melawan Malaysia? Coba Lihat Video Ini

Senin, 28 Agustus 2017 13:06 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Hasil pahit harus diterima salah satu ganda putri Indonesia di cabang bulutangkis SEA Games 2017. Pasangan dadakan Indonesia, Hanna Ramadini/Dinar Dyah Ayustine, harus takluk di tangan wakil Malaysia,  Chow Mei Kuan/Lee Meng Yan, dengan skor15-21, 19-21. Pertandingan tersebut digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Sabtu ( 26/08/17). 

Namun, baru-baru ini beredar di media sosial video keputusan kontroversial dari wasit pertandingan tersebut. Dalam video yang diunggah akun Instagram, @privatbadminton, pertandingan antara Hana/Dinar melawan Chow/Lee tampak alot. Beberapa kali pasangan Malaysia melancarkan serangan ke Hana/Dinar saat kedudukan sama kuat di angka 18 pada set kedua.

© HUMAS PBSI
Ganda putri Indonesia, Dinar Dyah Ayustine dan Hanna Ramadini. Copyright: HUMAS PBSIGanda putri Indonesia, Dinar Dyah Ayustine dan Hanna Ramadini.

Di cuplikan video tersebut, dua smash kencang dari ganda Malaysia berhasil dihalau oleh pasangan Indonesia, namun saat smash ketiga shuttlecock tampak melayang jauh ke luar area permainan, Hanna Ramadini lantas membiarkannya. Pasangan Indonesia ini pun tampak girang karena mendapat satu poin. Namun, rupanya wasit membuat keputusan kontroversial dengan memberikan poin justru untuk Malaysia.

Padahal dalam video tayangan lambat, terlihat jelas shuttlecock melewati garis lapangan. Hanna dan Dinar pun terlihat melakukan protes ke arah wasit. Namun protes tersebut tidak diindahkan oleh sang pengadil lapangan.

Sontak, video tersebut langsung mendapatkan komentar dari para warganet Tanah Air. Mereka mengecam keputusan wasit yang merugikan atlet Indonesia.

"Aaaahhh semua video nya keliatan banget 😢 dimana keadilan???."  tulis akun @triwardani27.

" Ini SEA Games ga menghargai jerih payah atlet dengan kecurangan-kecurangan wasit disana," tulis komentar akun @indrawan_yanuar_s.

"Kita balas Asian games 2018 nanti. Tapi balesnya pake prestasi yaaa," tulis akun @thebravegirl_.

Bukan kali ini saja atlet Indonesia di SEA Games 2017 dirugikan oleh keputusan wasit. Beberapa waktu lalu, Timnas Sepak Takraw Indonesia memilih walk out dari arena laga kala melawan Timnas Malaysia karena merasa dicurangi oleh wasit.

1