SEA Games 2017

Jonatan ke Final, Tiga Wakil Indonesia Sumbang Perunggu

Senin, 28 Agustus 2017 16:27 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Humas Pelatnas PBSI
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie melakukan selebrasi. Copyright: © Humas Pelatnas PBSI
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie melakukan selebrasi.

Wakil bulutangkis Indonesia di nomor tunggal putra SEA Games 2017, Jonatan Christie berhasil memastikan satu tempat di babak final yang berlangsung Selasa (29/08/17) besok.

Hasil itu didapat usai Jojo, panggilan akrab Jonatan berhasil unggul cepat dua set langsung dari wakil Vietnam, Nguyen Tien Minh dengan skor akhir 21-11 dan 21-16.

© Humas Pelatnas PBSI
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie melakukan selebrasi. Copyright: Humas Pelatnas PBSIPebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie melakukan selebrasi.

Babak final nomor tunggal putra SEA Games 2017 sendiri sebenarnya bisa menyajikan laga All Indonesian Final. Hanya saja hal tersebut batal tercipta setelah rekan Jojo, Ihsan Maulana Mustofa harus mengakui keunggulan wakil Thailand, Khosit Phetpradab dengan skor 10-21 dan 21-23.

Untuk nomor ganda putra, Indonesia gagal menempatkan wakilnya di babak final setelah pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terhenti di semifinal. Menghadapi pasangan Thailand,  Kittinupong Kedren/Dechapol Puavaranukroh, Fajar/Rian sempat mendominasi di awal set.

© HUMAS PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Copyright: HUMAS PBSIPasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto terhenti di semifinal SEA Games 2017.

Sayangnya, keunggulan tersebut tidak bisa mereka pertahankan hingga akhirnya pasangan Thailand keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 21-17 dan 23-21.

Di pertandingan lainnya nomor tunggal putri yang menyisakan Gregoria Mariska Tunjung, juga harus mengakhiri langkahnya di babak semifinal SEA Games 2017. Bermain sengit dengan wakil tuan rumah, Soniia Cheah, Gregoria harus menyerah dengan skor 20-22 dan 13-21.

"Saya kecewa dengan hasil ini, saya sudah unggul tetapi saya tidak bisa menjaga tempo permainan. Di game kedua, lawan semakin percaya diri karena waktu ketinggalan di game pertama dia bisa membalikkan keadaan," seperti dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Gregoria Mariska di babak pertama Indonesia Open 2017. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTGregoria Mariska kalah dari pebulutangkis Malaysia di semifinal SEA Games 2017.

Atas kekalahan di babak semifinal tersebut, Ihsan Maulana, Gregoria Mariska, dan pasangan Fajar/Rian memastikan tambahan tiga medali perunggu bagi Indonesia selama perhelatan SEA Games 2017.