Korea Open Super Series 2017

Tanpa Ampun, Kevin/Marcus Singkirkan Sang Juara Dunia 2017

Jumat, 15 September 2017 16:15 WIB
Editor: Ramadhan
© Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon lolos ke semifinal Malaysia Open 2017 Copyright: © Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon lolos ke semifinal Malaysia Open 2017

Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, berhasil memastikan tiket ke babak semifinal Korea Open Super Series 2017. Tak tanggung-tanggung, Kevin/Marcus sukses menyingkirkan wakil China yang merupakan juara dunia 2017, Zhang Nan/Liu Cheng.

Kevin/Marcus mengalahkan Zhang/Liu lewat pertarungan ketat dua set langsung dengan skor akhir 21-16 dan 28-26. Di set pertama, Kevin/Marcus tak menghadapi perlawanan sengit dari Zhang/Liu, meski beberapa kali Kevin/Marcus tertinggal pada angka 3-6, 8-11, hingga 13-15.

Namun, Kevin/Marcus yang bermain tenang dan memanfaatkan bola-bola net berhasil mengejar ketertinggalan secara perlahan. Hebatnya, Kevin/Marcus berhasil menutup set pertama dengan keunggulan 21-16 berkat keberhasilan mereka meraih tujuh angka secara beruntun.

© Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon lolos ke perempatfinal Korea Open 2017. Copyright: Humas PBSIKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon lolos ke perempatfinal Korea Open 2017.

Memasuki set kedua, barulah terjadi pertarungan sengit dari kedua pasangan. Kevin/Marcus sempat berhasil menyudahi paruh set kedua dengan skor 11-6 meski akhirnya Zhang/Liu bangkit dan menyamakan perolehan angka Kevin/Marcus pada angka 15-15 dan 16-16.

Laga sempat tegang lantaran Zhang/Liu sempat memasuki game point lebih dulu pada angka 19-20 setelah sebelumnya berhasil menyalip angka Kevin/Marcus dengan keunggulan 17-19. Angka-angka kritis berhasil diamankan Kevin/Marcus dengan memaksakan kedudukan deuce 20-20.

Adu mental dan skill tersaji saat kedua pasangan kejar-kerajan poin demi mengamankan set kedua. Sempat terjadi beberapa kali deuce, Kevin/Marcus akhirnya berhasil menutup pertandingan set kedua dengan kedudukan akhir 28-26.

© Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di babak kedua Korea Open 2017. Copyright: Humas PBSIKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon di babak kedua Korea Open 2017.

Hasil positif atas Zhang/Liu membuat Kevin/Marcus kini sudah mencatatkan kemenangan 2-0 atas pasangan juara dunia 2017 tersebut. Sebelumnya, Kevin/Marcus berhasil mempermalukan Zhang/Liu di pentas Malaysia Open Super Series Premier 2017 beberapa waktu lalu.

Selanjutnya di semifinal, Kevin/Marcus masih menunggu lawan antara pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dari Jepang. Namun melihat kekuatan di atas kertas, Kamura/Sonoda yang menjadi unggulan ketiga lebih berpeluang untuk bisa menang.

Sejauh ini, Indonesia sudah mengirimkan total tiga wakilnya ke babak semifinal Korea Open Super Series 2017. Dua tunggal putra harapan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie berhasil melangkah ke babak semifinal.