Japan Open Super Series 2017

Praveen/Debby Raih Tiket Semifinal Japan Open 2017

Jumat, 22 September 2017 14:37 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© PBSI
Praveen Jordan/Debby Susanto. Copyright: © PBSI
Praveen Jordan/Debby Susanto.

Salah satu ganda campuran terbaik Tanah Air, Praveen Jordan/Debby Susanto, melaju ke babak semifinal Japan Open Super Series 2017. Juara All England 2016 ini menaklukkan pasangan asal Taiwan, Wang Chi Lin/Lee Chia Hsin dalam laga yang berlangsung di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jumat (22/09/17). 

Praveen/Debby telat panas dengan tertinggal 1-6 di awal babak pertama karena kerap melakukan kesalahan sendiri seperti pukulan smes yang menyangkut di net. Namun perlahan tapi pasti, wakil Indonesia mampu menyamakan kedudukan hingga 9-9.

Praveen/Debby mulai melancarkan serangan-serangan keras dan antisipasi yang baik di depan net. Di interval set pertama, pasangan peringkat lima dunia ini bahkan unggul dengan 11-10.

Wakil Indonesia yang mulai percaya diri kerap melepaskan smes-smes kencang hingga unggul 17-14. Namun Wang/Lee juga mampu mengembangkan permainan dan terus menambah poin, sementara Praveen/Debby tertahan di poin 18. Set pertama pun direbut pasangan Taiwan dengan keunggulan 21-18.

Di awal set kedua, laga kembali berjalan ketat. Namun kini pasangan Indonesia tampil lebih tertekan oleh serangan Wang/Lee hingga tertinggal 10-11 di interval set kedua.

© Humas PBSI
Praveen Jordan dan Debby Susanto Copyright: Humas PBSIPraveen Jordan dan Debby Susanto.

Praveen/Jordan baru bisa kembali unggul di poin 16-15 meski setelahnya kedua pasangan bergantian meraih poin. Reli-reli panjang akhirnya tercipta di penghujung set kedua. Kesalahan beruntun dari Wang membuat Indonesia menang 21-18 dan memaksa laga berlanjut ke set ketiga.

Memasuki set penentuan, wakil Indonesia menunjukkan pertahanan yang baik hingga mampu unggul 4-1. Praveen/Debby yang main dengan lebih tenang lantas memimpin 15-11.

© Humas PBSI
Praveen Jordan dan Debby Susanto Copyright: Humas PBSIPraveen Jordan dan Debby Susanto.

Hingga akhirnya, pukulan kencang dari Praveen yang tak bisa dikembalikan Wang memastikan tiket semifinal untuk pasangan Indonesia. Pasangan yang baru saja memenangkan Korea Open Super Series pekan lalu ini menggenapi kemenangan dengan skor 18-21, 21-18, dan 21-16.

Di babak semifinal, Praveen/Debby telah ditunggu pasangan peringkat sembilan dunia, Wang Yillu/Huang Dongping. Ganda asal China itu adalah lawan yang dikalahkan Praveen/Debby di partai puncak Korea Open 2017.