Laver Cup 2107

Begini Petunjuk Nadal yang Memberi Kemenangan bagi Federer

Selasa, 26 September 2017 15:50 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
© lavercup.com
Rafel Nadal tengah berbicara dengan Roger Federer. Copyright: © lavercup.com
Rafel Nadal tengah berbicara dengan Roger Federer.

Tim Eropa sukses menjuarai Laver Cup 2017. Kesuksesan Tim Eropa atas Tim Dunia ini dipastikan di laga pamungkas antara Roger Federer kontra Nick Kyrgios di pertandingan ke-12, Minggu (24/09/17). Tim Eropa pun unggul 13-9 atas Tim Dunia.

Dalam laga tersebut, Federer sempat kalah 4-5 di set pertama. Namun, dalam turnamen Laver Cup 2017 ini, pemain yang bertanding mendapat kesempatan untuk berdiskusi dengan pelatih di sela-sela pertandingan.

© lavercup.com
Roger Federer selebrasi. Copyright: lavercup.comRoger Federer selebrasi.

Adalah Rafael Nadal yang melakukan in-game coaching kepada Federer. Para penonton di O2 Arena, Praha, Republik Cheska tersebut melihat langsung bagaimana dua pemain yang selama ini bersaing untuk menjadi nomor satu melakukan diskusi di pinggir lapangan.

Saat itu, belum diketahui apa yang dibisikkan Nadal kepada petenis asal Swiss tersebut. Pastinya, Federer kemudian tampil lebih baik dan sukses meraih kemenangan di dua set berikutnya. Sekaligus memastikan kemenangan Tim Eropa atas Tim Dunia di Laver Cup 2017.

Belakangan, baru diketahui apa yang dikatakan Nadal kepada Federer. Seperti diungkap Eurosport, Nadal meminta Federer untuk bermain lebih agresif di set kedua saat bertemu Kyrgios.

"Saya hanya meminta ia untuk bermain lebih agresif lagi. Federer sudah bermain baik dengan mengontrol poin dari base line. Tapi kami pikir ia harus lebih agresif melancarkan serangan menggunakan forehand. Dan Roger menyetujuinya," ungkap Nadal di Eurosport.

Dalam pertandingan sebelumnya, Nadal sendiri harus mengakui keunggulan John Isner dalam dua set langsung, 5-7 dan 6-7. Namun, keduanya mampu memberikan poin bagi Tim Eropa ketika tampil dalam nomor ganda. Nadal-Federer menang 6-5, 1-6, 10-5 atas pasangan Sam Querrey dan Jack Sock, Sabtu (23/09/17).