DENMARK OPEN SUPER SERIES PREMIER 2017

Anthony Ginting Tersingkir, Kevin/Marcus Jalan Terus

Kamis, 19 Oktober 2017 00:59 WIB
Penulis: Panca Putra Pamungkas | Editor: Joko Sedayu
© Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Copyright: © Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Dua wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting dari sektor tunggal putra dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dari sektor ganda putra, menerima hasil berbeda di babak pertama Denmark Open 2017. Anthony Ginting terhenti, Kevin/Marcus melaju ke babak kedua.

Anthony Ginting kewalahan kala menghadapi wakil Korea, Son Wan-ho, di laga yang berlangsung 3 set dan berdurasi 82 menit ini. Ia kalah 21-23, 21-17, 21-17.

Sebenarnya, Ginting tampil mendominasi pada set pertama. Pebulutangkis Indonesia yang menempati ranking 18 dunia ini bebrapa kali meninggalkan lawannya yang menempati ranking 2 dunia itu. Set pertama pun menjadi milik pebulutangkis kelahiran Kota Cimahi tersebut dengan 21-23.

© PBSI
Anthony Ginting ditumbangkan wakil China, Chen Long. Copyright: PBSIAnthony Ginting ditumbangkan wakil China, Chen Long.

Mengawali set kedua, Anthony Ginting sempat mendapatkan perawatan. Belum diketahui apa yang menimpanya. Yang jelas, penampilannya justru menurun.

Ginting sempat memimpin angka sekor 6-1, tapi Son Wan Ho menyamakan kedudukan 7-7 dan seterusnya memimpin perolehan angka hingga merebut set kedua dengan skor 21-17.

Di set penentuan, Anthony Ginting menyerah dengan skor yang sama seperti set kedua, yaitu 21-17.

Laga sengit juga dilalui oleh Kevin Sanjaya/Marcus Gideon tatkala berhadapan dengan ganda putra Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

© HUMAS PBSI
Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo lolos ke final ajang Japan Open Super Series 2017. Copyright: HUMAS PBSIMarcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo lolos ke final ajang Japan Open Super Series 2017.

Di set pertama, keduanya beberapa kali terlibat kejar-kejaran poin dan saling bergantian memimpin perolehan angka. Namun, setelah skor menunjukkan 9-9, wakil Indonesia lah yang terus memimpin hingga tak terkejar dan merebut set pertama 16-21.

Sayang, Kevin/Marcus belum bisa mengklaim kemenangan straight set, karena di set kedua ganda putra Indonesia menyerah 21-19.

Lanjut ke set penentuan, wakil Jepang yang menduduki ranking 21 dunia ini tampaknya tenaganya sudah terkuras sehingga tak terlalu memberikan perlawanan berarti. Hal ini pun dimanfaatkan oleh pasangan Indonesia yang menduduki ranking 1 dunia itu untuk memimpin sejak poin pertama. Mereka pun mengklaim kemenangan rubber set dengan skor 10-21.

Selanjutnya, Indonesia masih mempunyai 2 wakil yang masih menunggu giliran bertanding, yaitu, Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu.