Denmark Open 2017

Sempat Mati Lampu, Indonesia Kirim 4 Wakil ke Perempatfinal

  • Wakil-wakil Indonesia selesai tampil di babak babak kedua Denmark Open 2017.
  • Jonatan Christie tersandung, Indonesia punya 5 wakil di babak perempatfinal kejuaraan yang menjanjikan hadiah sekitar Rp10 miliar ini.
  • Lapangan yang jadi tempat duel Anders Skaaruo/Line Kjaersfeldt vs Tontowi Ahamad/Liliyana Natsir sempat mati lampu dan membuat laga tertunda 40 menit.
Jumat, 20 Oktober 2017 03:08 WIB
Penulis: Panca Putra Pamungkas | Editor: Galih Prasetyo
© Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon Copyright: © Humas PBSI
Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon

Wakil-wakil Indonesia telah menyelesaikan pertandingan babak kedua Denmark Open 2017, Kamis (19/1017) waktu Denmark. Dari pertandingan itu, Indonesia menyisakan 4 wakil yang melaju ke perempatfinal.

Indonesia membuka babak kedua Denmark Open 2017 dengan tampilnya Jonatan Christie melawan tunggal putra asal Inggris, Rajiv Ouseph, Kamis (19/10/17). Sayangnya, tunggal putra Indonesia yang menempati ranking 23 dunia itu takluk dari lawannya yang berperingkat 23 dunia. Pebulutangkis yang akrab disapa Jojo ini kalah dengan skor akhir 21-15, 17-21, dan 18-21.

Terhentinya langkah Jonatan sekaligus memastikan Indonesia tak menyisakan wakil di sektor tunggal putra untuk berlaga di babak perempatfinal besok.

Tunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie di ajang Denmark Open Super Series Premier 2017. Copyright: HUMAS PBSITunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie di ajang Denmark Open Super Series Premier 2017.

Selanjutnya, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang tampil pertama mewakili Indonesia dari sektor tunggal putra berhasil memastikan diri terus melaju ke babak berikutnya. Angga/Ricky menang dua set langsung atas pasangan Hongkong, Chen Hung Ling/Wang Chi-Lin, 21-19 dan 21-19 dalam duel yang berlangsung selama 39 menit ini.

Kevin Marcus/Kevin Sanjaya juga menyusul pasangan Angga/Ricky mencuri tiket ke perempatfinal. 'Duet minions' itu mengalahkan wakil tuan rumah Mathias Christiansen/David Daugaard dua set langsung 14-21 dan 16-21.

Dari sektor ganda putri, pasangan Della Destiara/Rizki Amalia Pradipta memberikan pelajaran kepada wakil China, Chen Qingchen/Jia Yifan, di pertemuan pertamanya ini. Ganda putri Indonesia berperingkat 98 dunia itu jadi batu sandungan bagi ganda putri China berperingkat 2 dunia tersebut. Della/Rizki menang lewat pertarungan 3 set yang berakhiran 21-23, 21-18, dan 21-10.

Selanjutnya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir pun berhasil melangkah ke perempatfinal. Ganda campuran yang sering disapa Owi/Butet ini memaksa wakil tuan rumah, Andres Skaarup/Line Kjaersfeldt untuk menyerah. Owi/Butet menang 16-21 dan 14-21 dalam duel yang sempat terganggu oleh padamnya penerangan di lapangan 1 di venue Odense Sports Park. 

Menghimpun informasi dari situs berita Denmark tv2.dk, insiden tersebut membuat laga tertunda hingga 40 menit, papan skor pun sempat error akibat kesalahan teknis tersebut. Wasit dari BWF meyakinkan duel bisa terus berlanjut. Akan tetapi, kedua pasangan tetap ngotot baru akan kembali bermain saat penerangan di tempat mereka berlaga itu benar-benar kembali normal.

Andres Skaarup/Line Kjaersfeldt Nonton Lapangan Sebelah Saat Mati Lampu Copyright: TV 2 SPORTAndres Skaarup/Line Kjaersfeldt Nonton Lapangan Sebelah Saat Mati Lampu

Dengan demikian, Indonesia memiliki 4 wakil untuk memperebutkan tiket menuju semifinal. 4 Wakil tersebut di antaranya:

Ganda Putra: Ricky Karanda Suwardi/Angga Pratama dan Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon.

Ganda Putri: Della Destiara/Rizki Amalia

Ganda Campuran: Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir