WTA 2017

Melaju ke Final WTA 2017, Venus Williams Patahkan Rekor

Minggu, 29 Oktober 2017 14:52 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Galih Prasetyo
© David Santiago/El Nuevo Herald/TNS via Getty Images
Venus Williams Copyright: © David Santiago/El Nuevo Herald/TNS via Getty Images
Venus Williams

Penantian selama delapan tahun bagi Venus Williams untuk melaju ke partai Final WTA berakhir di tahun 2017 ini di mana dia akan melangkah ke final setelah berhasil mengalahkan Caroline Garcia di Singapore Indoor Stadium, Sabtu (28/10/2017) malam.

Kakak dari petenis Serena Williams ini menjadi wanita tertua yang pernah mencapai partai final setelah mengalahkan petenis asal Prancis, Caroline Garcia dalam pertandingan sengit dengan skor 6-7 (3-7) 6-2 6-3.

Garcia sendiri telah mengklaim tempat terakhir di akhir musim setelah memenangkan gelar WTA berturut-turut di Wuhan dan China Terbuka, namun penampilan mengesankannya diakhiri oleh juara bertahan tahun 2008 tersebut.

Setelah mendominasi tie-break untuk mengambil set pembuka, Garcia dikalahkan oleh finalis Australia Terbuka dan Wimbledon, Venus Williams, yang hanya mengubah satu dari 13 break point-nya.

Dengan langkahnya ke Final WTA 2017, Williams yang berusia 37 tahun tersebut menyalip Martina Navratilova berusia 36 tahun pada tahun 1992 sebagai wanita tertua yang mencapai final kejuaraan akhir musim.

© Reuters
Venus Williams melangkah ke Final WTA 2017 menghadapi Caroline Wozniacki Copyright: ReutersVenus Williams melangkah ke Final WTA 2017 menghadapi Caroline Wozniacki.

“Sulit untuk bermain dengan kemampuanbertenis terbaik Anda di akhir tahun karena Anda sudah mengerahkan semuanya, tapi hal itu sangat penting untuk dilakukan di turnamen ini,” ujar Williams seperti yang dilansir BBC Sport.

“Sungguh menakjubkan hampir berdiri di lingkaran pemenang, tidak sampai semuanya benar-benar berakhir.” tegas Williams.

© -
Logo Final WTA Singapura 2017 Copyright: -Logo Final WTA Singapura 2017.

Tak hanya Williams yang lama menantikan comeback-nya ke final WTA, sang lawan pun mengalami penantian yang juga panjang.

Partai Final WTA 2017 menjadi yang pertama dalam waktu tujuh tahun bagi petenis asal Denmark tersebut setelah mengalahkan Karolina Pliskova.

Wozniacki mengakhiri pertandingan dengan hanya sembilan kesalahan sendiri untuk mendapatkan pukulan pada gelar akhir musim pertamanya.

© ABC
Caroline Wozniacki Copyright: ABCCaroline Wozniacki

"Itu sedikit gila, seperti rollercoaster, saya senang bisa mendapat set pertama dengan kemampuan saya. Saya bermain tenis dengan hebat sekali minggu ini sehingga bisa berada di final, ini sangat berarti bagi saya."

Partai Final WTA 2017 yang mempertemukan Venus Williams dan Caroline Wozniacki akan berlangsung pada hari Minggu (29/10/17) petang WIB.