China Open Super Series Premier 2017

Aksi Protes Warnai Kemenangan Ahsan/Rian atas Wakil Taiwan

Rabu, 15 November 2017 19:20 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro di babak pertama China Open 2017. Copyright: © Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro di babak pertama China Open 2017.

Pasangan ganda putra, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro berhasil melaju ke babak dua China Open Super Series Premier 2017 usai mengandaskan pasangan asal Taiwan, Lu Ching Yao/Yang Po Han lewat laga sengit.

Sebenarnya, di laga pertama wakil Indonesia itu sempat menelan kekalahan 18-21. Beruntung, perubahan strategi yang dilakukan Ahsan/Rian mampu membawa mereka meraih kemenangan di dua game berikutnya hingga berakhir dengan skor 18-21, 21-15, dan 21-16.

Kemenangan yang diraih pasangan itu pun sekaligus menambah catatan positif Ahsan/Rian dari Lu/Yang. Pasalnya, kedua pemain ini pernah bertemu sekali di ajang French Open Super Series 2017, yang mana juga berhasil dimenangkan wakil Indonesia dengan skor 21-17 dan 21-18.

"Lawan Taiwan lebih ke kencang-kencangan. Kami harusnya main tempo kami, tapi kami malah banyak kebawa tempo mereka. Jadi sama-sama ngotot dan kami malah tertekan. Terakhir-terakhir kami berubah lebih tenang, lebih memperlambat permainan, akhirnya bisa melewati juga," ujar Rian, dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

© Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro di babak pertama China Open 2017. Copyright: Humas PBSIMohammad Ahsan/Rian Agung Saputro di babak pertama China Open 2017.

Pertandingan yang berlangsung di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, China itu sendiri sempat diwarnai aksi protes kepada wasit. Sebab, Ahsan/Rian merasa beberapa kali dirugikan dan meminta bantuan referee untuk mengatasi hal tersebut.

"Beberapa kali kami sempat dicurangi. Bola masuk, linesman bilang masuk tapi dikoreksi, kedua bola enggak sampai saat servis, kemudian yang ketiga sempat ragu-ragu. Keputusan ini sebenarnya mengganggu. Tapi kemudian saya balikin saja supaya lebih ada gairah dan luapan emosinya keluar untuk semangat bertanding. Walaupun dicurangi tetap enggak mau kalah," ungkap Ahsan.

© Humas PBSI
Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro di babak pertama China Open 2017. Copyright: Humas PBSIMohammad Ahsan/Rian Agung Saputro di babak pertama China Open 2017.

Selanjutnya di babak kedua, Ahsan/Rian akan berhadapan dengan wakil Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen. Astrup/Rasmussen sendiri sebelumnya telah mengalahkan wakil Indonesia lainnya, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi dengan skor 20-22, 21-19, dan 21-12.

2