Termasuk Tontowi/Liliyana, Indonesia Kirim 3 Wakil ke 8 Besar China Open 2017

Kamis, 16 November 2017 22:10 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Humas PBSI
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di babak pertama China Open 2017. Copyright: © Humas PBSI
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di babak pertama China Open 2017.

Tiga wakil Indonesia dipastikan lolos ke delapan besar China Open Super Series Premier 2017, Kamis (16/11/17). Setelah kemenangan dua ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro, kini giliran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang memperoleh tiket perempat final.

Pasangan ganda campuran andalan Indonesia itu menang melalui tiga set dengan skor 21-13, 18-21 dan 21-11 dari pebulutangkis asal Jerman, Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich.

Menang mudah di gim pertama, Tontowi/Liliyana mengaku sempat kehilangan fokus di tengah laganya pada gim kedua. Akibatnya mereka harus kalah di gim tersebut. Tak ingin mengulangi kesalahannya, Tontowi/Liliyana pun berusaha untuk terus memegang kendali di gim ketiga. Terbukti, keduanya akhirnya bisa menang dengan skor yang cukup jauh, 21-11.

“Gim kedua kami memperlambat tempo, akhirnya jadi boomerang buat kami. Kami terlalu mudah kehilangan poin secara beruntun. Gim kedua bisa dibilang fokusnya agak kurang. Kami akhirnya mengatasinya dengan fokus lagi, lebih siap lagi dan memikirkan poin demi poin,” kata Tontowi, seperti rilis yang diterima oleh INDOSPORT.

“Di gim ketiga kami nggak mau mengingat-ingat gim kedua. Kami berusaha startnya untuk tidak lengah. Walaupun poin memimpin jauh, kami terus memegang kendali permainan. Sudah enak lah. Owi lebih siap juga, bolanya kelihatan lebih menekan,” imbuh Liliyana.

© Humas PBSI
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di babak pertama China Open 2017. Copyright: Humas PBSITontowi Ahmad/Liliyana Natsir di babak pertama China Open 2017.

Tontowi/Liliyana sebelumnya pernah bertemu Lamsfuss/Herttrich di All England Open 2017. Saat itu, Tontowi/Liliyana menang dua gim langsung dengan angka 21-12 dan 21-13.

“Lawannya lumayan juga, nggak gampang. Kalau kami bisa main seperti game pertama, kami bisa menang straight gim. Tapi terlepas dari semua itu, kami bersyukur hari ini bisa menang. Ini jadi pelajaran, jangan sampai besok kami mudah membuang satu poin satu poin dan beruntun. Karena pengaruhnya bisa besar ke kaminya, saat mau ngejar rasanya jauh banget. Lawan juga jadi lebih percaya diri,” ungkap Liliyana.

Selanjutnya di babak perempat final Tontowi/Liliyana sudah ditunggu oleh pasangan Denmark, Mathias Christiansen/Christinna Pedersen. Keduanya tercatat belum pernah berhadapan di lapangan.

3