ATP Finals 2017

Kalahkan Goffin, Grigor Dimitrov Juarai ATP World Tour Finals 2017

Senin, 20 November 2017 09:18 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Grigor Dimitrov menjuarai ATP Finals 2017. Copyright: © Getty Images
Grigor Dimitrov menjuarai ATP Finals 2017.

Grigor Dimitrov merengkuh gelar ATP Finals 2017 usai menghentikan perlawanan David Goffin. Petenis asal Bulgaria tersebut menang dengan skor akhir 7-5, 4-6, dan 6-3 dalam partai puncak yang berlangsung di O2 Arena London, Senin (20/11/17).

Ini merupakan titel ATP Finals pertama bagi Dimitrov. Sejauh ini, ia telah mengoleksi empat gelar sepanjang 2017 dan total delapan gelar dalam karier profesionalnya. Partai final melawan Goffin menyimpan catatan unik, yakni keduanya sama-sama belum pernah tampil di partai final Grand Slam mana pun.

Dengan keluar sebagai juara, Dimitrov mengantongi hadiah uang sebesar 1,9 juta poundsterling atau sekitar 33 miliar rupiah setelah menyelesaikan lima pertarungan tak terkalahkan dari babak grup hingga ke final.

© INDOSPORT
Grigor Dimitrov dan David Goffin. Copyright: INDOSPORTGrigor Dimitrov dan David Goffin.

Usai ATP Finals, Dimitrov akan mengakhiri musim ini dengan bercokol di peringkat tiga dunia, setelah Rafael Nadal dan Roger Federer. Ini merupakan peringkat dunia paling tinggi dalam kariernya. Padahal, ia sempat merosot ke peringkat 40 pada Juli tahun lalu. Sementara Goffin akan menyeruak ke peringkat tujuh dunia. 

© INDOSPORT
Grigor Dimitrov menjuarai ATP Finals 2017. Copyright: INDOSPORTGrigor Dimitrov menjuarai ATP Finals 2017.

"Saya masih mencoba mencerna apa yang baru saja saya lakukan. Ini adalah pencapaian yang hebat dan sulit dipercaya, tapi saya masih punya banyak hal untuk saya berikan," ungkap Dimitrov usai laga, seperti dikutip BBC.

"Salah satu tujuan utama saya adalah memenangkan turnamen Grand Slam. Ini sudah menjadi mimpi saya. Sekarang, pelan-pelan saya mulai mencapainya," imbuh petenis 26 tahun tersebut.