Mantan Petenis Nomor 1 Dunia dan Juara Wimbledon Tutup Usia

Senin, 20 November 2017 22:31 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© reuters
Jana Novotna Copyright: © reuters
Jana Novotna

Jagat Tenis Dunia sedang bersedih, salah satu petenis putri terbaik asal Republik Ceko, Jana Novotna, tutup usia. Jana Novotna meninggal dunia di usia 49 tahun akibat penyakit kanker yang telah lama dideritanya.

Jana Novotna meninggal di kampung halamannya di Republik Ceko, dikelilingi keluarganya. 

Berita meninggalnya Jana Novotna ini mendapat banyak respon belasungkawa dari sesama petenis dunia. Tercatat mulai dari petenis seangkatan Jana, hingga para petenis muda. Salah satu petenis seangkatan Jana adalah Barbara Schett.

"Hari ini kita kehilangan pribadi yang luar biasa, petenis dengan jiwa yang baik dan seorang panutan. Aku akan merindukanmyu Jana," tulis Barbara Schett di akun Twitternya.

Ucapan belasungkawa juga datang dari petenis muda Republik Ceko, Karolina Pliskova. "Sungguh sedih mendengar kabar tentang Jana Novotna. Dia akan selalu menjadi juara bagi saya. RIP," cuit Karolina. 

Tak hanya kedua petenis diatas, beberapa petenis lain juga mengucapkan belasungkawa di Twitter, diantaranya adalah.

Selama karirnya Jana Novotna pernah memenangi beberapa gelar bergengsi. Diantaranya adalah US Open 1994 dan 1998. Wimbledon 1998 di kategori single, dan 1989,1990,1995, dan 1998 di kategori duble. Jana juga pernah menjadi petenis dengan rangking 1 dunia pada tahun 1990 untuk kategori double. Sedangkan untuk kategori single, rangking tertingginya diraih tahun 1997 dimana Jana ada di peringkat 2. 

Selamat jalan Jana Novotna, semoga engkau bisa menjadi inspirasi bagi para petenis muda.