Resmikan Kejuaraan Spesialis Ganda, Menpora: Semoga Lahir Kevin Sanjaya Baru

Selasa, 19 Desember 2017 20:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi dan jajarannya. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi dan jajarannya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi secara resmi membuka kejuaraan bulutangkis yang khusus mempertandingkan nomor ganda, Yonex-Sunrise Doubles Special Championships, Selasa (19/12/17) di hall Candra Wijaya International Badminton Centre (CWIBC), Tangerang.

Kejuaraan itu sejatinya dipelopori oleh mantan pebulutangkis nasional, Candra Wijaya dan berlangsung mukai hari ini, Selasa (19/12/17) hingga Sabtu (23/12/17) mendatang. Ajang ini diikuti sekitar 244 peserta dari 39 klub dan akan memperebutkan total hadiah lebih dari Rp 200 juta, dilengkapi dengan trofi artistik.

Karenanya, dalam kesempatan itu, Menpora menyampaikan terima kasih atas tekad besar yang dilakukan oleh Candra Wijaya. Menurut Cak Imam, kegiatan ini sebagai salah satu langkah nyata untuk turut membantu perkembangan bulutangkis Tanah Air.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Menpora berkolaborasi dengan Kevin Sanjaya saat bermain bulutangkis di Tangerang. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTMenpora berkolaborasi dengan Kevin Sanjaya saat bermain bulutangkis di Tangerang.

Menpora berharap, denga adanya fasilitas mewah yang diberikan Candra Wijaya, ke depannya bisa muncul pemain-pemain muda dengan talenta tinggi yang bisa menggantikan para atlet yang sudah pensiun maupun yang sudah senior.

"Terima kasih Mas Candra, ini karena keberanian beliau, nekat dan ketulusannya untuk meneruskan sejarah prestasi bulutangkis di Indonesia mungkin tak akan terwujud (kegiatan ini)," ucap Menpora.

"Jadi karena niatnya itu juga, semua bisa berdiri lapangan yang sangat enak, bagus, cantik ini. Oleh karenanya, saya harap bisa lahir Candra Wijaya baru, Kevin baru, juara-juara baru, khususnya tunggal putra dan putri bulutangkis Indonesia," sambungnya.

Tak hanya membuka kejuaraan , Menpora juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh bulutangkis berprestasi versi CWIBC. Penghargaan diberikan kepada pembina bulutangkis terbaik CWIBC yaitu Ketua Umum PBSI periode 2008-2012, Djoko Santoso, Ricky Soebagdja dan Rexy Mainaky, yang memiliki segudang prestasi. Sekain itu, apresiasi juga ditunjukkan untuk pelatih ganda putra inspiratif, Herry Iman Pierngadi yang berhasil mengantarkan pasangan Markus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo meraih tujuh gelar juara turnamen Superseries sepanjang 2017.

© Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT
Canda tawa Iman Nahrawi, Kevin Sanjaya, Candra Wijaya dan Ricky Soebagdja. Copyright: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORTCanda tawa Iman Nahrawi, Kevin Sanjaya, Candra Wijaya dan Ricky Soebagdja.

Tak hanya itu, pelatih ganda campuran terbaik, Richard Mainaky dan pelatih terbaik ganda putri, Eng Hian juga menerima award yang sama. Sedangkan secara khusus, Candra Wijaya juga memberikan apresiasi kepada sosok di balik kejayaan bulutangkis Indonesia yaitu Hadi Nazri.

Sebagai informasi, Candra Wijaya merupakan salah satu pemain ganda putra terbaik yang pernah dimiliki bangsa Indonesia. Pria kelahiran 16 September 1975 ini sudah sering mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, termasuk saat meraih medali emas pada Olimpiade Sydney 2000, berpasangan dengan Tony Gunawan.

Candra kini berkomitmen memajukan bulu tangkis Indonesia dengan membuka pusat pelatihan Candra Wijaya International Badminton Centre (CWIBC). Candra kini memiliki hall baru di daerah Serpong dengan fasilitas sembilan lapangan dan dilengkapi dengan berbagai sarana olahraga termasuk fitness centre, sport massage, dan reflexiology.

1