Termasuk Kevin/Marcus, Indonesia Turunkan Kekuatan Penuh di Badminton Asia Championship

Selasa, 16 Januari 2018 13:29 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Huma PBSI
Pasangan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melenggang ke semifinal. Copyright: © Huma PBSI
Pasangan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon melenggang ke semifinal.

Di tim putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjadi ujung tombak di tim. Hadirnya dua pemain senior, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan juga makin menambah kekuatan tim putra.

Sedangkan nama Gregoria Mariska, peraih medali emas World Junior Champiohsips 2017, kembali masuk jajaran tim inti. Di sektor ganda, pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu masih menjadi andalan untuk mendulang angka.

“Kami memang sengaja menurunkan pemain-pemain terbaik di ajang ini. Kami tidak mau kecolongan dan mau dapat hasil maksimal di sini. Makanya pertimbangan dipilihnya pemain-pemain ini adalah mereka yang mampu menyumbang poin. Harapannya kami dapat dua kemenangan dari sektor ganda dan minimal satu dari tunggal, kalau bisa lebih ya bagus,” ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

© Ramadhan/INDOSPORT
Susy Susanti saat diwawancarai di Pelatnas PBSI. Copyright: Ramadhan/INDOSPORTSusy Susanti saat diwawancarai di Pelatnas PBSI.

Dua tahun silam, tim putra Indonesia berhasil menjadi kampiun di kejuaraan Asia Team Championship. Titel tim terbaik Asia 2016 disandang putra-putra Indonesia usai mengalahkan Jepang, dengan skor 3-2. Sedangkan tim putri harus terhenti di perempat final dari Tiongkok, dengan skor 0-3.

“Target kami, tim putra setidaknya bisa ke final bahkan bisa juara lagi seperti dua tahun lalu. Kami bukan cuma ingin tim putra sekadar lolos ke putaran final tetapi mau hasil sebaik mungkin,” tambahnya.

“Untuk tim putri, walaupun berat kami akan tetap kerja keras. Paling tidak ada peningkatan dari sebelumnya,” tutur Susy.

© Indosport.com
Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon Copyright: Indosport.comKevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon

Nama-nama pemain yang menjadi tim inti di kejuaraan ini dapat berubah jika nantinya sudah memasuki putaran final yang akan dihelat pada Mei mendatang. Di Bangkok, Thailand Susy juga menegaskan jika PBSI memberi kesempatan kepada pemain-pemain muda untuk mengemban tanggungjawab di pertandingan beregu, namun tetap dengan pemantauan.

“Karantina jelang kualifikasi Piala Thomas dan Uber sih tidak ada, karena waktunya mepet. Tetapi jelang putaran Final Piala Thomas dan Uber rencananya akan ada sesi khusus seperti team building atau simulasi, untuk mempererat kebersamaan tim,” jelas Susy.

Berikut daftar nama pemain yang masuk dalam tim inti Badminton Asia Team Championships 2018 :

Putra

Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Ihsan Maulana Mustofa, Firman Abdul Kholik, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Angga Pratama, Rian Agung Saputro 

Putri

Gregoria Mariska, Fitriani, Hanna Ramadini, Ruselli Hartawan,

Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Della Destiara Haris, Rizki Amelia Pradipta, Ni Ketut Mahadewi Istarani, Anggia Shitta Awanda

Pelatih :

Hendry Saputra (tunggal putra), Herry Iman Pierngadi (ganda putra), Minarti Timur (tunggal putri) dan Eng Hian (ganda putri)