Hafiz/Gloria Beberkan Kunci Singkirkan Unggulan Tiga Asal Korea Selatan

Jumat, 19 Januari 2018 23:48 WIB
Editor: Isman Fadil
© Humas PBSI
Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja. Copyright: © Humas PBSI
Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Indonesia mengirim dua wakil ke putaran empat besar kejuaraan Malaysia Masters 2018. Tiket semifinal pertama diamankan pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Kemudian pasangan ganda campuran Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja pun menyusul.
 
Fajar/Rian ke semifinal usai membayar kekalahan di SEA Games 2017 atas Kittinupong Kedren/Dechapol Puavaranukroh (Thailand), dengan skor 21-18, 21-13. Dengan hasil ini, Fajar/Rian kian unggul atas pertemuan mereka dengan Kedren/Puavaranukroh dengan kedudukan 3-1.

Hafiz/Gloria menyusul ke semifinal dengan menundukkan unggulan ketiga dari Korea Selatan, Seo Seung Jae/Kim Ha Na, dengan skor 18-21, 21-15, 21-18.

© Humas PBSI
Hafiz Faisal dan Gloria Emanuelle Widjaja Copyright: Humas PBSIHafiz Faisal dan Gloria Emanuelle Widjaja

“Walaupun menghadapi unggulan, tapi kami berusaha untuk tenang. Kami tidak mau bermain terlalu buru-buru seperti yang terjadi di game pertama. Di game kedua dan ketiga, kami terus berusaha main menyerang. Kami juga lebih fokus,” ujar Hafiz dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

“Pasangan Korea ini punya pertahanan yang rapat, tidak mudah dimatikan. Pokoknya tadi kami terus berusaha dan berusaha. Meskipun kami pasangan baru, kami mencoba tampil baik di tiap pertandingan,” tambahnya.

Di laga semifinal, baik Hafiz/Gloria maupun Fajar/Rian akan ditantang para unggulan. Fajar/Rian ditunggu Mads-Conrad Petersen/Mads Pieler Kolding, unggulan kelima dari Denmark. Sedangkan Hafiz/Gloria berhadapan dengan Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang merupakan pasangan baru asal Tiongkok yang menduduki urutan kelima di daftar unggulan.

© Humas PBSI
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Copyright: Humas PBSIFajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

“Semua hal mesti diwaspadai dari pasangan China ini, karena mereka cukup berbahaya, jadi kami harus siap lagi. Namun kami pernah menghadapi mereka di Hongkong Open 2017, ini menjadi modal buat kami,” ungkap Hafiz.

Sayangnya langkah kedua wakil ganda tak dapat diikuti dua tunggal putra. Jonatan Christie harus mengakui keungulan Viktor Axelsen asal Denmark. Jonatan dikalahkan pemain rangking satu dunia tersebut setelah bertarung tiga game dengan skor 15-21, 21-19, 12-21.
 
Anthony Sinisuka Ginting juga tak dapat melewati perlawanan wakil Denmark, Hans-Kristian Vittinghus, dalam dua game langsung, 19-21, 16-21.