Owi/Butet Akui Kesulitan Kalahkan Riki/Masita

Rabu, 24 Januari 2018 02:23 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Indonesia Masters 2018. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Indonesia Masters 2018.

Ganda campuran nomor tiga dunia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil melangkah ke babak kedua Indonesia Masters 2018 lewat pertarungan sengit melawan juniornya Riki Widianto/Masita Mahmudin, Selasa (23/01/18) di Istora Senayan, Jakarta. Owi/Butet mampu menyelesaikan laga dalam tempo 37 menit untuk menang dua set langsumg dengan skor 23-21 dan 21-17.

Kemenangan tersebut diakui tidak diraih dengan mudah karena Riki/Masita mampu memberikan perlawanan ditambah lagi Owi/Butet belum sepenuhnya menguasai lapangan Istora pasca direnovasi. Selain itu, faktor angin juga berpengaruh pada penampilan sehingga juara Indonesia Open 2017 harus bekerja ekstra keras untuk melawannya.

"Pada game tadi kami masih menyesuaikan diri dengan lapangan, jadi poinnya juga berlangsung lama.  Kemudian ada angin juga jadi kita masih kagok juga," ucap Tontowi usai pertandingan.

Tak hanya itu, Liliyana Natsir menjelaskan jika Riki dan Masita sejatinya memang sudah mengenal gaya permainannya, lantaran mereka sudah berlatih bersama dan beberapa kali uji tanding di Pelatnas. Kedua junior di PBSI itu juga bermain tanpa beban dan mengerahkan semua kemampuan sehingga hal itu justru membuat Owi/Butet lebih tertekan karena mereka seolah dituntut untuk bisa menang.

© Humas PBSI
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Indonesia Masters 2018. Copyright: Humas PBSITontowi Ahmad/Liliyana Natsir di Indonesia Masters 2018.

"Riki/Masita kan eks Pelatnas jafi mereka sudah tahu permainan kita. Sempat sering latihan dan bermain bersama, jadi kita tidak gampang kalahin mereka. Selain itu mereka bermain dengan santai atau all out, jadinya kita yang ada beban jangan sampai kalah," terang Butet.

Dengan kemenangan hari ini, Owi/Butet sudah ditunggu wakil Taiwan Lee Yang/Hsu Ya Ching pada babak kedua yang berlangsung esok hari. Di atas kertas, pasangan Indonesia lebih dijagokan karena secara kualitas dan peringkat wakil tuan rumah lebih unggul dari Lee/Hsu yang berperingkat 27 dunia.