Menilik Bulutangkis di Negara Destinasi Liburan Para Pesepakbola Dunia

Selasa, 6 Februari 2018 19:41 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Tim putra Indonesia kan menghadapi tim Maladewa dalam penyisihan pertama babak kualifikasi Piala Thomas, pada grup D turnamen Badminton Asia Team Championship. Laga tersebut akan berlangsung pada Selasa (06/02/18) malam WIB. 

Pertarungan nanti diprediksi akan berjalan dengan mudah bagi para atlet bulutangkis putra Indonesia. Pasalnya, Maladewa hingga kini belum mampu menempatkan atletnya untuk menempati posisi 10 besar ranking BWF. Berbeda dengan Indonesia yang kerap menghiasi posisi puncak ranking BWF.

Kurang baiknya kualitas Maladewa dalam bidang olahraga terutama bulutangkis diakibatkan karena kurangnya minat para penduduknya sendiri dengan olahraga raket tersebut. Hal itu terlihat dari jumlah atlet bulutangkis yang sangat sedikit. Bayangkan, saja negara yang sering menjadi destinasi wisata liburan pesepakbola elite dunia itu, hanya memiliki 11 atlet bulutangkis. 

© Istimewa
Pemain bulutangkis Maladewa saat melawan pebulutangkis Indonesia. Copyright: IstimewaPemain bulutangkis Maladewa saat melawan pebulutangkis Indonesia.

Namun meskipun bukanlah negara dengan bulutangkis terkuat di dunia, Maladewa tercatat pernah merebut medali perak dalam Indian Ocean Island Games (IOIG) pada tahun 2015. Indian Ocean Island Games sendiri adalah turnamen multi event yang diikuti oleh negara-negara kecil di kepulauan Samudera Hindia, seperti Mauritius, Sri Lanka, Madagascar, dan Seychelles.

Nantinya, 4 atlet bulutangkis Maladewa akan bertemu dengan 3 tunggal putra Indonesia yang diwakili oleh Jonathan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Ihsan Maulana Mustofa. Tidak lupa ada dua ganda putra yang diwakili oleh Angga Pratama/Hendra Setiawan dan Kevin Sanjaya Sakamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.