Susy Susanti Tak Sangka Tim Putra Sapu Bersih Kemenangan 3-0 Atas Jepang

Sabtu, 10 Februari 2018 06:21 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Ramadhan/INDOSPORT
Susy Susanti saat diwawancarai di Pelatnas PBSI. Copyright: © Ramadhan/INDOSPORT
Susy Susanti saat diwawancarai di Pelatnas PBSI.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Susy Susanti, mengaku tak menyangka tim putra Indonesia menang telak atas Jepang dengan skor 3-0. Kemenangan ini membawa tim putra lolos ke babak semifinal Badminton Asia Team Championships 2018.

Meskipun tak menurunkan pasangan ganda putra terbaik, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon karena Marcus mengalami cedera otot perut, namun kombinasi Kevin dan Mohammad Ahsan ternyata juga berbahaya.

“Kami tidak memprediksi menang langsung 3-0, kalau pun menang mungkin 3-1. Lawan Jepang itu tidak mudah, para pemainnya ulet, ngotot. Saya lihat sekarang tunggal putra kita mulai mantap dan bisa diandalkan. Sebelumnya ganda lebih diandalkan, tetapi sekarang imbang lah, tunggal putra juga mau menyumbangkan angka,” kata Susy saat berdasarkan rilis yang diterima dari Humas PBSI.

“Inilah satu kelebihan ganda putra kita. Walaupun pasangan diacak, tapi tidak merasa asing karena sering latihan bersama. Di kejuaraan nasional juga berpasangan, jadi pada saat event-event penting seperti ini, menguntungkan buat kami. Sehingga kalau ada salah satu yang kurang fit, kami tidak terlalu khawatir,” jelas Susy.

© Humas Pelatnas PBSI
Anthony Sinisuka Ginting di laga pertama tunggal putra Asian Badminton Championship 2018 Copyright: Humas Pelatnas PBSIAnthony Sinisuka Ginting di laga pertama tunggal putra Asian Badminton Championship 2018

Di semifinal, tim putra Indonesia akan berhadapan dengan Korea yang baru saja mengalahkan Tim Negeri Gajah Putih dengan skor 3-1. Disebutkan Susy, tim putra Indonesia siap menghadapi siapapun, baik Korea maupun Thailand seandainya Thailand tadi mampu mengatasi Korea.

© Humas Pelatnas PBSI
Muhammad Ahsan dan Kevin Sanjaya di laga ganda putra melawan Jepang Copyright: Humas Pelatnas PBSIMuhammad Ahsan dan Kevin Sanjaya di laga ganda putra melawan Jepang

 
Sementara itu, tim putri Indonesia akan dihadapkan dengan tim Jepang yang tak mudah dihadapi karena kekuatan mereka sangat merata.

“Kalau melihat rangking memang cukup berat karena pemain-pmain Jepang sebagian besar ada di Top 10. Tetapi kami  akan tetap kerja keras, peluang tetap terbuka,” katanya Susy.

Pertandingan semifinal tim putri Indonesia melawan Jepang akan dilangsungkan besok, Sabtu (10/2) pada pukul 12.00 waktu Alor Setar. Sedangkan tim putra Indonesia akan bertanding melawan Korea pada pukul 17.00 waktu Alor Setar.