Jabat Tangannya Ditolak Wakil Korea Selatan, Firman Abdul Kholik Tetap Bersyukur

  • Tunggal putra Indonesia, Firman Abdul Kholik menjadi pahlawan yang membawa tim putra Indonesia melangkah ke babak final ajang Badminton Asia Team Championship 2018 (BATC 2018).
  • Melaju ke final, Indonesia selangkah lagi dapat mempertahankan gelar juara ajang tersebut.
  • Firman Abdul Kholik yang menjadi pahlawan kemenangan Indonesia pun mengungkapkan perasannya.
Minggu, 11 Februari 2018 01:56 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Humas PBSI
Firman Abdul Kholik di Badminton Asia Championship Copyright: © Humas PBSI
Firman Abdul Kholik di Badminton Asia Championship

Firman Abdul Kholik menjadi pahlawan kemenangan dramatis 3-2 tim putra Indonesia atas Korea Selatan di babak semifinal BATC 2018. Firman berhasil menumbangkan Lee Dong Keun, dengan skor22-20, 11-21, 22-20.

Kemenangan tersebut membawa skuat putra Merah Putih melaju ke babak final dan akan berhadapan dengan China. Jika mampu menang, Indonesia akan mempertahankan gelar juara yang juga mereka raih tahun lalu di BATC 2017 yang berlangsung di Hyderabad, India.

Menjadi pahlawan untuk kemenangan tim putra Indonesia, Firman Abdul Kholik pun mengungkapkan perasaannya. Sudah tertinggal 2016, Firman berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan menjadi 20-20 sebelum akhirnya meraih kemenangan dramatis, 22-20.

“Alhamdulillah pastinya senang sekali bisa menyumbang angka untuk tim. Tadi saya nggak mikir lawan sudah 20 dan saya 14. Pokoknya saya mikir bagaimana dapatkan satu demi satu poin dan usaha banget untuk fokus,” ujar Firman usai pertandingan dalam rilis yang diterima INDOSPORT.

© Humas PBSI
Firman Abdul Kholik di Badminton Asia Championship Copyright: Humas PBSIFirman Abdul Kholik di Badminton Asia Championship

“Saya juga tidak merasa terbebani karena saya termotivasi, di belakang saya banyak senior-senior saya yang selalu ngasih tahu saya soal main dan sebagainya. Tadi juga nggak terlalu tegang, lebih enjoy karena yakin sama diri saya sendiri,” tambahnya.

Di pertandingan tersebut, Firman juga menunjukkan rasa sportivitasnya dengan menunggu sang lawan untuk mau bersalaman dengannya. Kemenangan Firman diwarnai aksi protes dari Lee dan tim Korea karena winning point yang diraih Firman dihasilkan dari pukulan Lee yang dinyatakan fault oleh wasit karena ujung raketnya mengenai net.

Tim Korea sempat mengajukan protes hingga ke referee, namun keputusan tersebut tidak dapat diganggu gugat. Lee bahkan diganjar kartu merah oleh wasit karena tindakannya yang enggan bersalaman dengan Ftiman usai pertandingan berakhir.

© Humas PBSI
Firman Abdul Kholik di Badminton Asia Championship Copyright: Humas PBSIFirman Abdul Kholik di Badminton Asia Championship

Berikut hasil lengkap pertandingan semifinal Badminton Asia Team Championships 2018 antara Indonesia melawan Korea (3-2) :

Jonatan Christie vs Son Wan Ho 21-18, 21-14

Mohammad Ahsan/Angga Pratama vs Chung Eui Seok/Seo Seung Jae 21-8, 21-10

Ihsan maulana Mustofa vs Jeon Hyeok Jin 17-21, 16-21

Hendra Setiawan/Rian Agung Saputro vs Choi Solgyu/Kim Dukyoung 21-11, 18-21, 19-21

Firman Abdul Kholik vs Lee Dong Keun 22-20, 11-21, 22-20