Serena Williams Telan Kekalahan Pasca Comeback Pertamanya di The Fed Cup 2018

Senin, 12 Februari 2018 17:41 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Anthony Au-Yeung/Getty Images
Serena Williams. Copyright: © Anthony Au-Yeung/Getty Images
Serena Williams.

Langkah pertama Serrena Williams pasca comeback-nya harus berakhir dengan kekalahan dalam pertandingan ganda Piala Fed 2018 hari Minggu (11/02/18) kemarin. Kembalinya Serena Williams ke laga tenis tersebut menggaris bawahi seberapa jauh ia harus melaju, setelah sebelumnya  satu tahun lebih cuti dari lapangan.

Pada kompetisi pertama Serena Williams sejak melahirkan lima bulan lalu, ia dan saudaranya Venus kalah 6-2 dan 6-3 dari pemain Belanda Lesley Kerkhove dan Demi Schuurs pada pertandingan ganda Piala Fed.

“Sejujurnya saya merasa lebih baik dari yang  saya kira akan rasakan,” katanya dilansir dari USA Today.

Beruntung, meski kalah, Amerika Serikat sudah meraih kememnangan dalam acara terbaik dari lima besar, berkat sepasang kemenangan tunggal Venus Williams, jadi kekalahan ganda ini hanya mempersempit skor akhir menjadi 3-1. A.S. maju ke semifinal Piala Dunia 21-22 April 2018 di Prancis, yang mengalahkan Belgia 3-2 akhir pekan ini.

Hal yang menentukan di hari Minggu ketika Venus Williams memenangkan lima pertandingan terakhir dalam kemenangan 7-5, 6-1 atas Ritchel Hogenkamp. AS memimpin 2-0 pada hari Sabtu lalu ketika Venus Williams mengalahkan Arantxa Rus 6-1, 6-4 dan CoCo Vandeweghe bangkit dari satu set dan mengalahkan Hogenkamp 4-6, 7-6 (6), 6-3.

© Internet
Serena Williams Copyright: InternetSerena Williams

“Jelas ini adalah momen penting, saat Anda bermain bukan hanya untuk diri Anda sendiri tapi juga anggota tim kapten dan negara Anda,” kata Venus Williams. “Ini jelas jenis tekanan yang berbeda.”

Akan tetapi acara ini paling menonjol berkat kembalinya Serena Williams yang belum bertanding sejak memenangi Australia Terbuka 2017 saat hamil untuk gelar Grand Slam ke-23 karirnya, satu catatan Margaret Court. Pertandingan satu-satunya sejak datang pada exhibition 30 Desember 2017 lalu.

“Saya tidak mengatur waktu dengan baik, tapi saya memikirkannya di masa depan bagaimana mengelolanya dengan lebih baik,” kata Serena Williams. “Ini benar-benar pertama kalinya saya bepergian dengan bayi dan segalanya, saya akan mencoba melakukan yang lebih baik. Ini sulit karena ini adalah pertama kalinya bagi saya.”

Pertandingan ganda tersebut menunjukkan efek dari waktu yang lama menjauh dari lapangan. Sebelumnya, Williams mengatakan bahwa dia tidak tahu apa yang akan terjadi pada hari Minggu dan mengakui bahwa dia perlu memperbaiki semua aspek, namun dia menambahkan bahwa "Saya merasa berada di jalur yang benar."

"Ini baru permulaan, saya merasa ini adalah langkah yang sangat baik ke arah yang benar," pungkasnya.